Aksi demo tandai May Day di seluruh dunia

Kamis, 01 Mei 2014 - 20:40 WIB
Aksi demo tandai May Day di seluruh dunia
Aksi demo tandai May Day di seluruh dunia
A A A
Sindonews.com – Hari buruh internasional yang jatuh pada Kamis (1/5/2014) kerap diwarnai dengan aksi demonstrasi dari kelompok-kelompok serikat kerja. Tidak hanya di Indonesia, hari yang kerap disebut May Day ini juga ditandai dengan aksi demontrasi di seluruh dunia.

Seperti dilansir Channel News Asia, aksi terjadi di seluruh Asia, termasuk di Hong Kong, Kuala Lumpur, Taipei dan Seoul. Di Kamboja, pasukan keamanan yang bersenjatakan tongkat dan pentungan membubarkan paksa puluhan massa yang melakukan peringatan May Day di dekat Phnom Penh Freedom Park.

Beberapa pengunjuk rasa dilaporkan mengalami pemukulan. Di Hong Kong, pengelola serikat pekerja mengatakan, sekitar 5.000 orang akan bergabung dalam aksi mereka dari kota Victoria Park ke markas pemerintah, mereka akan menyampaikan tuntutan berupa jam kerja yang lebih baik.

Sementara di Taiwan, ribuan pekerja melakukan aksi demonstrasi di depan kantor kementerian tenaga kerja menuntut kenaikan upah dan larangan perusahaan mempekerjakan pekerja sementara atau paruh waktu dengan bayaran yang minim.

Sementara itu di Rusia, terjadi parade di Red Square yang dilaksanakan untuk pertama kalinya sejak 1991. Salah satu tradisi di masa Uni Soviet, dimana May Day adalah tanggal penting dalam kalender Soviet.

May day biasanya ditandai dengan perayaan yang sangat rumit yang melibatkan jajaran atlet, tentara dan pekerja di alun-alun Moskow. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, May Day lebih didominasi dengan aksi demonstrasi di jalanan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3804 seconds (0.1#10.140)