20 Kapal Perang China Intai Angkatan Laut Taiwan di Garis Tengah Selat

Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:26 WIB
loading...
20 Kapal Perang China Intai Angkatan Laut Taiwan di Garis Tengah Selat
Kapal perang Taiwan terlihat dari kapal Angkatan Laut China di perairan sekitar Taiwan, di lokasi yang dirahasiakan pada 5 Agustus 2022. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Ketegangan masih terlihat di wilayah perairan antara China dan Taiwan. Sekitar 20 kapal Angkatan Laut China dan kapal perang Taiwan terus berada di dekat garis tengah Selat Taiwan pada Rabu pagi (10/8/2022).

Perkembangan itu diungkapkan sumber yang menjelaskan masalah tersebut kepada Reuters.

“Beberapa kapal angkatan laut China terus melakukan misi di lepas pantai timur Taiwan pada Rabu pagi,” ungkap sumber itu.

Sementara itu, Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi menyatakan tidak menyesali perjalanan kontroversialnya baru-baru ini ke Taiwan.



Dia menggambarkannya sebagai "sangat berharga" dalam wawancara dengan acara Today pada Selasa.

Politisi wanita berusia 82 tahun itu bersikeras dia memiliki “dukungan bipartisan yang luar biasa” untuk kunjungan itu. Tak hanya itu, dia dan delegasinya diterima dengan sangat baik oleh pemerintah Taiwan dan rakyatnya.

Namun, dia menyatakan posisi China dalam perjalanannya tidak relevan. Dia bersikeras China “tidak akan diizinkan untuk mengisolasi Taiwan” atau mendikte siapa yang dapat dan tidak dapat mengunjungi pulau itu.



“Apa yang dilakukan orang China adalah apa yang biasanya mereka lakukan,” ujar Ketua DPR AS tentang tanggapan Beijing terhadap insiden tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)