Rusia mengaku tak berniat menginvasi Ukraina

Minggu, 30 Maret 2014 - 02:48 WIB
Rusia mengaku tak berniat menginvasi Ukraina
Rusia mengaku tak berniat menginvasi Ukraina
A A A
Sindonews.com – Rusia berjanji tidak akan menginvasi wilayah Ukraina. Menurut Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, Moskow tak berencana mengirim pasukan ke wilayah Ukraina.

"Kami sama sekali tidak berniat dan tidak ada kepentingan untuk melintasi perbatasan Ukraina," kata Lavrov dalam wawancara dengan stasiun televisi pemerintah Rusia, Sabtu (29/3/2014).

Sebelumnya Pemerintah Ukraina memperkirakan ada sekitar 100 ribu tentara Rusia yang saat ini diposisikan di sekitar Ukraina. Jumlah ini tidak dibenarkan ataupun di bantah oleh Kremlin.

Keberadaan pasukan Rusia di wilayah perbatasan Ukraina juga telah mengundang reaksi Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama. Presiden kulit hitam pertama AS itu meminta Moskow untuk menarik mundur pasukan mereka.

Menurut Obama, penumpukan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina adalah hal yang tak bisa diterima. "Anda telah melihat berbagai pasukan berkumpul di sepanjang perbatasan, dengan kedok latihan militer," kata Obama kepada stasiun televisi CBS, Jumat (28/3/2014). “Ini bukan hal normal yang biasa dilakukan Rusia,” lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2981 seconds (0.1#10.140)