Waswas soal Target Putin Berikutnya, Jet Tempur NATO Patroli 24 Jam

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 01:01 WIB
loading...
Waswas soal Target Putin Berikutnya, Jet Tempur NATO Patroli 24 Jam
Seorang pilot jet tempur NATO patroli udara di tengah kekhawatiran negara-negara anggota NATO di Eropa Timur akan menjadi target invasi Rusia berikutnya. Foto/Twitter @NATO
A A A
BRUSSELS - Jet-jet tempur dan pesawat pengintai NATO berpatroli 24 jam sepanjang waktu untuk melindungi negara-negara anggotanya. Aliansi itu khawatir negara-negara anggotanya jadi target berikutnya dari invasi Presiden Rusia Vladimir Putin setelah Ukraina .

NATO pada Kamis membagikan video di Twitter mengenai upaya tersebut, menunjukkan pesawat-pesawat dan pilot mereka beraksi.

"NATO bekerja untuk melindungi langit sekutunya di Eropa Timur dengan lebih banyak jet terbang dari pangkalan udara dan kapal induk di seluruh aliansi dan dengan membawa pencegahan tambahan dan kemampuan defensif," bunyi keterangan dalam video tersebut.

Baca juga: Sekutu Putin Berharap China Tembak Jatuh Pesawat Nancy Pelosi

Keterangan lebih lanjut dalam video itu mengatakan; "NATO juga memasok kehadiran pertahanan konstan dan memantau wilayah udara di Bulgaria, Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia dan Rumania."

Semua negara itu berada di atau dekat sayap timur NATO di dekat Rusia. Dua anggota NATO Timur; Estonia dan Latvia, berbagi perbatasan dengan Rusia.

"Menyusul invasi Rusia ke Ukraina, pasukan NATO siap mengamankan wilayah udara sekutu dari semua ancaman," imbuh keterangan dalam video NATO tersebut, seperti dikutip Newsweek, Jumat (5/8/2022).

Sementara Putin belum secara definitif menyuarakan rencana untuk memperluas "operasi militer khusus" di Ukraina, dia mengatakan bahwa negara-negara yang menciptakan ancaman strategis terhadap Rusia selama konflik harus mengharapkan serangan balasan.

Stasiun televisi pemerintah Rusia dan beberapa sekutunya telah membuat ancaman langsung terhadap anggota NATO; Polandia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan saat berpidato di KTT NATO 2022 di Madrid, Spanyol, bahwa tidak memasok Ukraina dengan sistem artileri modern dan senjata lainnya dapat mengakibatkan aliansi militer NATO menghadapi perang tertunda dengan Rusia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (11.210#12.26)