Pertama di Dunia, Ilmuwan Israel Ciptakan Embrio Tanpa Telur, Sperma dan Rahim

Kamis, 04 Agustus 2022 - 13:54 WIB
loading...
Pertama di Dunia, Ilmuwan Israel Ciptakan Embrio Tanpa Telur, Sperma dan Rahim
Para ilmuwan Israel berhasil menumbuhkan embrio tikus tanpa telur yang dibuahi sperma dan tanpa rahim. Foto/Weizmann Institute of Science
A A A
TEL AVIV - Para ilmuwan Israel telah menumbuhkan embrio sintetis untuk pertama kalinya di dunia tanpa telur yang dibuahi sperma dan tanpa rahim.

Keberhasilan ini bisa membuka pintu bagi pertumbuhan organ dan jaringan.

Para ilmuan Weizmann Institute of Science berhasil menumbuhkan embrio sintetis tikus di luar rahim. Uniknya, itu dimulai hanya dengan sel induk yang dikultur dalam cawan Petri.

Riset tersebut, yang diterbitkan pekan ini di jurnal Cell, telah membuka cakrawala untuk mempelajari bagaimana sel punca membentuk organ yang berbeda dalam embrio yang sedang berkembang.



Metode ini suatu hari nanti dapat memungkinkan untuk menumbuhkan jaringan dan organ untuk transplantasi menggunakan model embrio sintetis.

"Embrio adalah mesin pembuat organ terbaik dan bio-printer 3D terbaik—kami mencoba meniru apa yang dilakukannya," kata ilmuwan senior departemen genetika molekuler Weizmann, Dr Jacob Hanna.

Hanna—yang mengepalai tim peneliti—mengatakan para ilmuwan sudah tahu bagaimana mengembalikan sel-sel dewasa ke "batang", atau memperbarui diri.

Namun, pergi ke arah yang berlawanan—dan menyebabkan sel punca berdiferensiasi menjadi sel tubuh khusus, atau membentuk seluruh organ—terbukti jauh lebih bermasalah.

"Hingga saat ini, dalam kebanyakan penelitian, sel-sel khusus seringkali sulit diproduksi atau menyimpang, dan mereka cenderung membentuk campuran daripada jaringan yang terstruktur dengan baik yang cocok untuk transplantasi," kata Hanna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)