7 Fakta Zawahiri yang Dibunuh AS, Termasuk Kepalanya Dihargai Rp372 Miliar

Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:52 WIB
loading...
7 Fakta Zawahiri yang Dibunuh AS, Termasuk Kepalanya Dihargai Rp372 Miliar
Pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri tewas dibunuh AS dalam serangan drone di Kabul, Afghanistan. Ada 7 fakta tentang dirinya, termasuk kepalanya dihargai AS Rp372 miliar. Foto/JihadOscope
A A A
JAKARTA - Ayman al-Zawahiri, pemimpin al-Qaeda , tewas dalam serangan pesawat tak berawak atau drone Amerika Serikat (AS) di Afghanistan selama akhir pekan. Dia adalah ideolog kunci di balik jaringan teror global selama beberapa dekade.

Mengutip NDTV, Selasa (2/8/2022), berikut 7 fakta tentang Zawahiri:

1. Ditangkap pada Usia 15 Tahun

Zawahiri dibesarkan dalam rumah tangga yang nyaman di Kairo, Mesir. Dia terlibat dengan komunitas Islam radikal Mesir pada usia muda dan dilaporkan ditangkap pada usia 15 tahun karena bergabung dengan Ikhwanul Muslimin yang dilarang pemerintah.



2. Terlibat Pembunuhan Presiden Anwar Sadat

Dia pernah dipenjara selama tiga tahun di Mesir karena militansi dan terlibat dalam pembunuhan presiden Anwar Sadat tahun 1981. Dia juga terlibat dalam pembantaian turis asing di Luxor pada tahun 1997.

3. Jadi Dokter Pribadi Osama bin Laden

Usai menjalani hukuman penjara di Mesir, Zawahiri kemudian terhubung dengan Osama bin Laden di Afghanistan dan menjadi ahli strategi utama al-Qaeda. Dia juga menjabat sebagai dokter pribadi Osama bin Laden.

4. Peneken Fatwa Osama bin Laden
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)