Soal sejarah, China tak akan kompromi dengan Jepang

Sabtu, 08 Maret 2014 - 22:12 WIB
Soal sejarah, China tak akan kompromi dengan Jepang
Soal sejarah, China tak akan kompromi dengan Jepang
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, menegaskan, negaranya akan mempertahankan kedaulatannya dan "tidak ada ruang untuk kompromi" dengan Jepang atas wilayah atau sejarah.

"Kami tidak akan pernah mengganggu negara yang lebih kecil, tapi kita juga tidak akan pernah menerima tuntutan tidak masuk akal dari negara-negara yang lebih kecil," tandas Yi, Sabtu (8/3/2014), seperti dikutip dari Reuters.

"Soal masalah wilayah dan kedaulatan, posisi China tetap tegas dan jelas: Kami tidak akan mengambil apa pun yang bukan milik kita. Tapi, kami akan mempertahankan setiap jengkal wilayah yang menjadi milik kita," tegasnya.

Hingga kini, China masih terlibat silang sengketa dengan sejumlah negara soal klaim teritorial. Pusat ketegangan berada di Laut China Selatan dan Laut China Timur. Sengketa dengan Tokyo sangat tegang, mengingat permusuhan historis antara kedua negara atas invasi Jepang ke China pada era 1930-an dan 40-an.

"Soal dua isu prinsip, sejarah dan wilayah, tidak ada ruang untuk kompromi. Jika beberapa orang di Jepang bersikeras menjungkirbalikkan putusan pada agresi masa lalu, saya tidak percaya masyarakat internasional dan semua orang mencintai perdamaian di dunia akan pernah mentolerir atau membiarkan itu," bebernya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5463 seconds (0.1#10.140)