Terkait krisis Ukraina, China serukan semua pihak tenang

Sabtu, 08 Maret 2014 - 21:40 WIB
Terkait krisis Ukraina, China serukan semua pihak tenang
Terkait krisis Ukraina, China serukan semua pihak tenang
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China pada Sabtu (8/3/2014), menyerukan semua pihak yang terlibat dalam krisis Ukraina untuk tenang dan menahan diri. China menyatakan, masalah ini harus diselesaikan melalui perundingan dan cara-cara politik.

Seperti dilaporkan Reuters, China mengatakan, pihaknya mengaku tidak akan mencampuri apa yang dianggap merupakan urusan internal dan menghormati keputusan internal Ukraina itu.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mendesak semua pihak untuk mengingat kepentingan mendasar dari semua komunitas etnis di Ukraina dan kepentingan perdamaian dan stabilitas regional.

"Prioritas saat ini adalah untuk menahan diri dan mencegah eskalasi lebih lanjut dari situasi yang ada," kata Yi. "Sangat disesalkan bahwa situasi di Ukraina telah mencapai tahap seperti sekarang ini. Namun, bukan suatu kebetulan, bahwa situasi telah mencapai titik ini," tambahnya.

Menurutnya, ada sejarah yang kompleks di belakang konflik di Ukraina. "Semakin kompleks masalah, semakin diperlukan cara untuk menanganinya secara bijaksana," kata Yi.

China juga mengatakan pihaknya ingin terus mengembangkan kerjasama dengan Ukraina dan menghormati kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas teritorial Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3672 seconds (0.1#10.140)