China tak biarkan pecah perang di Semenanjung Korea

Sabtu, 08 Maret 2014 - 19:17 WIB
China tak biarkan pecah perang di Semenanjung Korea
China tak biarkan pecah perang di Semenanjung Korea
A A A
Sindonews.com – Pemerintah China menarik "garis merah" terhadap Korea Utara (Korut). China dengan tegas menyatakan tak bakal membiarkan terjadinya kekacauan atau perang di Semenanjung Korea. China juga berpendapat, perdamaian di wilayah itu hanya bisa tercapai melalui denuklirisasi.

"Semenanjung Korea berada tepat di depan pintu China. Kami memiliki garis merah, yakni kami tidak akan membiarkan perang atau ketidakstabilan di Semenanjung Korea," kata Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, Sabtu (8/3/2014).

Ia menyerukan agar semua pihak menahan diri. “Perdamaian abadi di Semenanjung Korea hanya mungkin tercapai dengan denuklirisasi,” lanjut Yi, seperti dikutip dari Reuters.

Yi menyampaikan kembali seruan China untuk dimulainya kembali pembicaraan antara Korut, Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), Jepang, Rusia, dan China sebagai tuan rumah.

"Konfrontasi hanya akan membawa ketegangan dan perang hanya bisa menyebabkan bencana. Beberapa dialog lebih baik daripada tidak," tambahnya. Perundingan enam pihak soal denukliriasi Korut mengalami kebuntuan beberapa tahun lalu.

Selama ini, China adalah pendukung diplomatik dan ekonomi yang paling penting bagi Korut. China tetap mendukung Korut, meski Pyongyang telah melakukan tiga tes nuklir dan berbagai pameran kekuatan senjata, termasuk peluncuran rudal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4135 seconds (0.1#10.140)