Intip Bisnis Keluarga Kerajaan Arab Saudi di Penjuru Dunia

Jum'at, 29 Juli 2022 - 16:01 WIB
loading...
Intip Bisnis Keluarga Kerajaan Arab Saudi di Penjuru Dunia
Sejumlah orang melalui logo perusahaan minyak Saudi Aramco. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Keluarga Kerajaan Arab Saudi disebut sebagai keluarga terkaya di dunia. Jika ditotal, kekayaan keluarga kerajaan Saudi bisa melebihi USD1 triliun.

Berikut adalah bisnis keluarga Kerajaan Arab Saudi yang banyak mendatangkan pendapatan.

1. Minyak

Bisnis minyak adalah hal yang menjadi andalan bagi keluarga Kerajaan Arab Saudi, tentunya melalui Saudi Aramco. Melansir laman resminya, Aramco menghasilkan pendapatan bersih sebesar USD110 miliar, naik 2 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

Sepanjang tahun 2022 ini, penghasilan Aramco mencapai USD18,8 miliar. Dengan pendapatan yang sangat tinggi ini, sudah pasti keluarga Kerajaan Arab Saudi juga mendapatkan keuntungan membludak.

Aramco sendiri mengelola sumber daya minyak Saudi dan terkenal sebagai perusahaan paling menguntungkan di dunia. Kendali Aramco ada di tangan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman (MBS).

2. Klub Sepak Bola

Klub sepak bola juga menjadi salah satu investasi yang menjadi sumber kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi, terutama MBS. MBS membeli salah satu klub elite Inggris, Newcastle United, pada Oktober 2021 senilai Rp5,8 triliun.

Anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi lain yang juga berkecimpung di bisnis klub bola adalah Pangeran Abdullah bin Mosaad bin Abdulaziz Al Saud.

Ia diketahui menjadi investor di klub Sheffield United. Di tahun 2013, ia membeli 50% saham klub tersebut dan menguasai 100% saham Sheffield United pada 2020.

Tak hanya itu, Pangeran Abdullah juga menjadi pemilik Hilal FC yang bermarkas di Dubai.

3. Properti

Selain dikenal sebagai salah satu anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi, nama Alwaleed bin Talal juga diketahui sebagai pebisnis andal dengan kekayaan mencapai USD18,7 miliar per tahun 2017 (sesuai data Forbes).

Sebagian besar bisnisnya berada di bidang properti, salah satunya adalah Kingdom Holding Company. Ia banyak memiliki saham di berbagai perusahaan besar, seperti Movenpick Hotels & Resort dan Four Seasons Hotles & Resort.

Laman Forbes menyebut, Alwaleed membeli kapal pesiar milik Donald Trump di tahun 1991. Dia juga disebutkan memiliki rumah mewah seharga USD130 juta dengan lebih dari 300 koleksi mobil miliknya.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2385 seconds (10.101#12.26)