WHO: Ada Lebih dari 18.000 Kasus Cacar Monyet, Sebagian Besar di Eropa

Jum'at, 29 Juli 2022 - 02:48 WIB
loading...
WHO: Ada Lebih dari 18.000 Kasus Cacar Monyet, Sebagian Besar di Eropa
WHO: Ada Lebih dari 18.000 Kasus Cacar Monyet, Sebagian Besar di Eropa. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Ada lebih dari 18.000 kasus cacar monyet yang dilaporkan secara global dari 78 negara, dengan mayoritas di Eropa. Fakta itu diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ), Rabu (27/7/2022).

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, WHO telah menyatakan wabah itu sebagai darurat kesehatan global. Menurut WHO, sejauh ini 98 persen kasus ada di luar negara-negara Afrika, di mana virus itu endemik telah dilaporkan pada pria yang berhubungan seks dengan pria.



Seperti dilaporkan Reuters, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak kelompok itu untuk mempertimbangkan mengurangi jumlah pasangan seksual baru dan menukar rincian kontak dengan pasangan baru.

"Ini adalah wabah yang dapat dihentikan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengurangi risiko paparan," kata Tedros dalam konferensi pers dari Jenewa. "Itu berarti membuat pilihan yang aman untuk diri sendiri dan orang lain," lanjutnya.

Tedros mengatakan, ada sekitar 16 juta dosis vaksin yang disetujui tersedia. Tetapi, hanya dalam jumlah besar, sehingga akan memakan waktu beberapa bulan untuk memasukkannya ke dalam botol.



“WHO mendesak negara-negara dengan stok vaksin berlimpah untuk berbagi vaksin sementara pasokan terbatas,” tambah Tedros. Diperkirakan bahwa antara 5 juta dan 10 juta dosis vaksin akan dibutuhkan untuk melindungi semua kelompok berisiko tinggi.

Badan PBB tersebut merekomendasikan vaksinasi untuk kelompok berisiko tinggi, termasuk petugas kesehatan, dan pria yang berhubungan seks dengan pria dengan banyak pasangan seksual.

Ini memperingatkan bahwa perlu beberapa minggu setelah mendapatkan dosis kedua vaksin untuk sepenuhnya terlindungi, jadi orang harus mengambil tindakan pencegahan lain sampai saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)