Pejabat AS: Agresor Asia Akan Menghadapi Kekuatan Barat

Jum'at, 29 Juli 2022 - 00:46 WIB
loading...
Pejabat AS: Agresor Asia Akan Menghadapi Kekuatan Barat
Ilustrasi
A A A
MANILA - Setiap agresor Asia yang melanggar kedaulatan negara lain di kawasan itu berisiko melakukan tindakan balasan hukuman. Sekretaris Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Carlos Del Toro mengatakan dalam peringatan terselubung kepada China .

Carlos Del Toro mengatakan kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara Selasa (26/7/2022) malam di Manila, bahwa fokus militer AS di kawasan Asia-Pasifik, khususnya di Laut Cina Selatan yang disengketakan, tidak akan pernah mengendur.



Dia tidak menyebut nama China, tetapi menggarisbawahi bahwa Beijing telah melanggar batas perairan negara tetangganya di Asia dan melanggar hukum internasional dengan impunitas.

Dia memperbarui jaminan dari Presiden Joe Biden, bahwa AS akan menghormati kewajibannya berdasarkan Perjanjian Pertahanan Bersama tahun 1951 jika pasukan, kapal, dan pesawat Filipina diserang di Laut China Selatan yang disengketakan. Dalam dekade terakhir, Manila dan Beijing memiliki pertikaian teritorial yang semakin tegang di Laut China Selatan.

Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei juga mengklaim jalur air strategis itu. Laut China Selatan adalah salah satu jalur yang tersibuk di dunia, yang diklaim China secara keseluruhan atas dasar sejarah. Beijing menolak putusan arbitrase internasional 2016 yang membatalkan klaimnya dan terus menentang keputusan penting tersebut.



“Seperti yang dikatakan Presiden Biden, jika satu negara melanggar satu inci kedaulatan Filipina, apakah itu di laut atau di pantai atau pulau lepas pantai, kami akan berada di sana untuk mendukung bangsa Filipina dan rakyat Filipina dengan segala cara yang mungkin,” tegas Del Toro.

Menurutnya, langkah China untuk mengubah tujuh terumbu karang yang disengketakan menjadi pangkalan pulau yang dilindungi rudal di Spratly, bagian yang paling diperebutkan di Laut China Selatan, “sangat memprihatinkan”. Ini mendorong AS dan negara-negara Barat lainnya untuk melanjutkan patroli navigasi di sekitarnya.

Pejabat China tidak segera dapat dimintai komentar atas pernyataan Del Toro, tetapi mereka telah berulang kali memperingatkan AS untuk menjauh dari yang mereka katakan adalah murni perselisihan Asia.



Pasukan China kadang-kadang menanggapi patroli udara dan laut AS dan Australia dengan menembakkan suar dan menggunakan peralatan pengacau untuk memperingatkan mereka agar menjauh. Beberapa kapal Angkatan Laut AS telah dikejar ketat, menurut pejabat militer AS.

“Tindakan China meningkatkan risiko salah perhitungan dan pasukan AS telah dilatih "untuk sangat disiplin" dan untuk tetap berpegang pada aturan keterlibatan yang telah lama ditetapkan untuk menghindari konfrontasi, kata Del Toro.

“Penting untuk merekam semua tindakan ilegal yang sebenarnya dilakukan negara-negara ini sehingga seluruh dunia dapat melihat dengan tepat bagaimana mereka berperilaku,” lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)