Heboh NSA & Australia sadap RI, ini kata Menlu AS

Senin, 17 Februari 2014 - 14:06 WIB
Heboh NSA & Australia sadap RI, ini kata Menlu AS
Heboh NSA & Australia sadap RI, ini kata Menlu AS
A A A
Sindonews.com- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, terpaksa angkat bicara soal penyadapan yang dilakukan intelijen Australia dan National Security Agency (NSA) AS terhadap Indonesia.

Kerry terpaksa berkomentar, setelah ditanya wartawan Indonesia, ketika berkunjung ke Kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, di Jakarta, Senin (17/2/2014). Kerry membantah laporan penyadapan yang membuat heboh Indonesia itu, seperti bocoran dari bekas kontraktor NSA, Edward Joseph Snowden,30.

"Seperti yang sudah diutarakan oleh Presiden Barack Obama. AS tidak akan melakukan pengambilan informasi dari pribadi," katanya, di Gedung Pancasila, Kemlu RI.

Dia menambahkan, bahwa Presiden Obama sudah memberikan perintah untuk melakukan reformasi di tubuh NSA. Sebelumnya New York Times memberitakan bahwa NSA dan Australia telah telah mengunduh 1,8 juta data penyadapan melalui operator telepon seluler di Indonesia. Media AS itu juga bersumber dari bocoran Snowden.

Selain itu, NSA dan intelijen Australia juga disebut memantau komunikasi antara Pemerintah Indonesia dan sebuah firma hukum AS yang mewakili Indonesia yang telah sengketa perdagangan dengan AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3192 seconds (0.1#10.140)