Kecam lembaga penyiaran, PM Australia banjir kritikan

Kamis, 30 Januari 2014 - 22:43 WIB
Kecam lembaga penyiaran, PM Australia banjir kritikan
Kecam lembaga penyiaran, PM Australia banjir kritikan
A A A
Sindonews.com – Kecaman yang dilontarkan PM Australia, Tony Abott pada lembaga penyiaran nasional Australia, Australian Broadcasting Corporation (ABC), menimbulkan krtikan dari berbagai pihak. Abott menyebut ABC bersikap tidak patriotik dalam pemberitaan pencari suaka dan whistleblower Edward Snowden.

Kecaman inilah yang memicu munculnya kritikan dari berbagai pihak, bahkan dari Menteri Komunikasi Australia, Malcolm Turnbull. Menurut Turnbull, ABC harus mempertahankan independensi editorial dan bertanggung jawab kepada Dewan Direksi, bukan kepada politisi.

"Kaum politisi, apakah Perdana Menteri atau Menteri Komunikasi, akan sering merasa tidak senang pada ABC. Tapi, Anda tidak bisa memberitahu mereka apa yang harus ditulis," tegas Turnbull, seperti dikutip dari Sydney Morning Herald.

ABC memang tidak memberikan tanggapan atas pernyataan Abott yang diungkapkannya dalam wawancara dengan stasiun radio swata 2 GB itu. Namun, mantan Direktur ABC, David Hill, mengecam keras sikap Abott itu.

"Ini adalah saran serius yang saya tahu dalam paruh terakhir abad ini, di mana Perdana Menteri dari negara ini menyarankan masyarakat Australia dibatasi aksesnya untuk mendapatkan kebenaran,” ujar Hill pada Sydney Morning Herald.

"Dan, ini pertama kalinya, bahwa Perdana Menteri telah serius mengisyaratkan bahwa ABC harus menyensor dan menyembunyikan informasi dari publik Australia," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7472 seconds (0.1#10.140)