Oposisi tak sudi berunding dengan Assad jika Iran diundang

Senin, 20 Januari 2014 - 12:50 WIB
Oposisi tak sudi berunding dengan Assad jika Iran diundang
Oposisi tak sudi berunding dengan Assad jika Iran diundang
A A A
Sindonews.com - Oposisi Suriah pada Senin (20/1/2014) mengatakan, mereka tidak sudi berunding dengan kubu Presiden Bashar al-Assad dalam Konferensi Jenewa II, jika PBB mengundang Iran.

Mereka tidak setuju Iran terlibat dalam perundingan damai untuk Suriah 22 Januari 2014 nanti, karena Iran merupakan sekutu kuat Assad.

“Koalisi oposisi Suriah, mengumumkan, bahwa kami akan menarik kesediaan untuk hadir dalam Konferensi Jenewa II, kecuali Ban Ki –moon (Sekjen PBB) menarik undangan untuk Iran,” kata juru bicara koalisi oposisi Suriah, Louay Safi, melalui akun Twitter-nya.

Sebelumnya, Pemerintah Amerika Serikat juga memberikan syarat paksaan terhadap Iran jika ingin terlibat dalam perudingan damai Suriah itu. Syarat itu adalah, Iran harus mendukung penciptaan pemerintahan transisi Suriah atau dengan kata lain harus mendukung pelengseran Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Jika syarat itu tidak bisa dipenuhi, AS, menyatakan, undangan untuk Iran bisa dibatalkan.

Departemen Luar Negeri AS, menyatakan, syarat itu sesuai hasil perundingan damai Suriah yang pertama pada tahun 2012. “Jika Iran tidak sepenuhnya dan secara terbuka menerima hasil Konferensi Jenewa I, undangan itu harus dibatalkan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jennifer Psaki, dalam sebuah pernyataan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3360 seconds (0.1#10.140)