Pemberontak Suriah serang kelompok jihad secara halus

Selasa, 10 Desember 2013 - 17:24 WIB
Pemberontak Suriah serang kelompok jihad secara halus
Pemberontak Suriah serang kelompok jihad secara halus
A A A
Sindonews.com - Pemberontak Suriah yang moderat meluncurkan sebuah kampanye sosial untuk memenangkan dukungan dari sebagian besar warga sipil Suriah, sekaligus mencegah tumbuhnya pengaruh sejumlah kelompok militan al-Qaeda di wilayah yang dikuasai oposisi Suriah, Senin (9/12/2013).

"Kami sadar, bahwa memerangi al-Qaeda bukan hanya dilakukan dari sisi militer, tetapi juga harus dilakukan dari sisi sosial," ungkap penasihat Tinggi Dewan Militer (SMC) dalam kondisi anonim kepada The Independent, harian Inggris. "Kami telah menggandakan usaha kami," imbuhnya.

Juli lalu, Washington Post memberitakan, bahwa Jabhat al - Nusra dan ISIS, dua kelompok ekstrimis yang berkaitan dengan al-Qaeda di Suriah tengah menyelanggarakan sebuah pameran keluarga guna merebut hati rakyat Suriah.

ISIS sepanjang tahun lalu telah berusaha merebut hati sejumlah keluarga dengan mendistribusikan makanan, mendirikan sekolah bahkan menggelar pengadilan mandiri. "Dengan demikian ISIS mampu membuat pijakan di wilayah yang telah dijauhi," ungkap The Independent.

"Rakyat Suriah tidak menyukai ISIS. Sebab, mereka memiliki keyakinan yang ekstrim dan asing bagi rakyat Suriah," ungkap Penasihat SMC menanggapi penuturan The Independent. "Yang terjadi dilapangan bukanlah pemberian sebuah dukungan. Tapi rakyat Suriah berada di tengah keputusasaan akibatnya mereka tidak mampu menolak untuk menerima bantuan," terangnya.

Penasihat SMC menuturkan, kelompok teror tersebut memiliki aliran dana yang mapan dari jaringan dana global, terutama dari para donor kayayang mendung perjuangan mereka. Sementara kelompok kami tidak memiliki aliran dana yang sama mewahnya dengan mereka.

"Bantuan kami bagi kami sering dibajak oleh para anggota ISIS, bantuan tersebut mereka alokasikan untuk membantu rakyat Suriah," keluh Penasihat SMC.Menyikapi hal tersebut, Penasihat SMC mengaku oposisi telah meningkatkan sejumlah langkah-langkah untuh keamanan untuk mengamankan bantuan yang sering dibajak oleh anggota ISIS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4977 seconds (0.1#10.140)