alexametrics

Spanyol selamatkan puluhan imigran Afrika

loading...
Spanyol selamatkan puluhan imigran Afrika
(Istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Juru Bicara Pemerintah Spanyol di Kota Murcia pada Senin (9/12/2013), mengatakan, tim penyelamat dan polisi Spanyol menyelamatkan puluhan migran Spanyol selama akhir pekan lalu. Sebanyak 44 orang diselamatkan sepanjang hari Minggu, sementara 46 orang lainnya diselamatkan sepanjang hari Sabtu.

Juru Bicara Kota Murcia mengatakan, sepanjang hari Minggu, penjaga pantai telah menyelamatkan empat perahu. Penyelamatan pertama terjadi pukul 2.20 pagi. "Penjaga pantai melihat dua perahu di wilayah timur perairan Spanyol. Perahu pertama membawa sembilan orang, sementara perahu kedua mengangkut delapan orang. Semua orang tersebut dalam keadaan sehat dan mereka datang dari Afrika utara," ujar Juru Bicara tersebut.

Upaya penyelamatan kembali terjadi di sisi utara dekat resor Torrevieja, Palang Merah Spanyol membantu penjaga pantai Spanyol menyelamatkan delapan warga Aljazair yang terombang abing di atas perahu, dua di antara mereka mengalami hipotermia. Penyelamatan terakhir terjadi di dekat Kepulauan Canary.



Menurut pengakuan Juru Bicara Pasukan Keamanan Afrika, sebanyak 19 orang Afrika utara dicegat untuk dapat masuk ke Eropa secara ilegal.

Juru Bicara pemerintah dan kelautan Spanyol mengatakan, sehari sebelumnya sebanyak 46 migran, termasuk tiga wanita dari Afrika mencoba dicegat saat melintas dari selat Maroko menuju Spanyol dengan menggunakan sebuah kapal darurat.

Setiap tahunnya, demi menginjakan kaki di Eropa, warga Afrika rela menempuh perjalanan panjang yang berbahaya. Menurut Jasa Penyelamat Kelautan Spanyol, sejak 1 Januari hingga 16 September mereka telah menyelamatkan 1.396 mingran.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak