Serbu pemberontak, 3 tentara Filipina tewas

Sabtu, 07 Desember 2013 - 20:11 WIB
Serbu pemberontak, 3 tentara Filipina tewas
Serbu pemberontak, 3 tentara Filipina tewas
A A A
Sindonews.com - Seorang perwira junior tentara Filipina tewas, sementara dua orang lainnya menderita luka-luka setelah terlibat baku tembak dengan Tentara Rakyat Baru (NPA) pemberontak sayak kiri Filipina, Jumat (7/12/2013) sore.

Kapten Christian Uy, Juru Bicara Divisi Infanteri ke-4 Angkatan Darat Filipina mengatakan pasukan dari Elit Khusus Battalion ke-3 dikerahkan menuju Desa Buhisan, Kota San Agustin, Provinsi Surigao del Sur, menyusul adanya laporan bahwa gerilyawan NPA telah melakukan kegiatan pemerasan di desa tersebut.

"Kami mendapat laporan tentang keberadaan kelompok bersenjata di wilayah tersebut, sehingga kami memerintahkan pasukan untuk melakukan operasi. Mereka melakukan tindakan tersebut untuk mencari makan, mereka meminta makan kepada warga desa," ungkap Uy.

Uy melanjutkan, pasukan pemerintah tiba di Desa Buhisan sekitar pukul 12.30 siang. Baku tembak antara tentara dan sekitar 30 pemberontak tak terelakan selama 20 menit. Satu letnan dan dua orang prajurit tingkat awal tewas dalam bentrok tersebut. Sejumlah pemberontak juga terluka dalam bentrok tersebut, militer Filipina tak dapat memastikan berapa banyak jumlah mereka yang terluka.

NPA sendiri merupakan sayap militer Partai Komunis Filipina. Mereka melancarkan perang gerilya di pedesaan Selatan Filipina selama empat dekade. Militer Filipina memperkirakan, kekuatan NPA mencapai lebih dari 5.000 jiwa di seluruh negeri.

Sebanyak 4.000 tentara NPA telah bergabung kembali di sejumlah benteng mereka di pegunungan, sisi timur Mindanao untuk melanjutkan perjuangan perang yang dimulai sejak 1969.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3890 seconds (0.1#10.140)