KTT Uni Eropa Berikan Status Kandidat pada Ukraina dan Moldova

Jum'at, 24 Juni 2022 - 03:00 WIB
loading...
KTT Uni Eropa Berikan Status Kandidat pada Ukraina dan Moldova
KTT Uni Eropa Berikan Status Kandidat pada Ukraina dan Moldova. FOTO/Reuters
A A A
BRUSSELS - Para kepala negara Uni Eropa (UE) telah memutuskan untuk memberikan status kandidat kepada Ukraina dan Moldova untuk bergabung dengan blok itu. Hal itu diungkapkan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel saat Uni Eropa mengadakan pertemuan puncak pada Kamis (23/6/2022).

"Kesepakatan. EUCO baru saja memutuskan status kandidat UE untuk Ukraina dan Moldova," katanya di Twitter, menggunakan akronim untuk Dewan Eropa, seperti dikutip dari TASS.

Baca: Zelensky: Status Kandidat UE Ukraina Dapat Perkuat Kebebasan di Eropa

"Momen bersejarah. Hari ini menandai langkah penting di jalan Anda menuju UE. Masa depan kita bersama," lanjut Michel. Pejabat itu memberi selamat kepada para pemimpin Ukraina dan Moldova.

Sebelumnya pada 17 Juni, Komisi Eropa merekomendasikan agar KTT memberikan status kandidat ke Ukraina dan Moldova. Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola mengatakan, Uni Eropa harus memberikan Ukraina status calon sebagai "simbol harapan" untuk mendukung moral Ukraina sementara negara itu memiliki jalan panjang sebelum aksesi yang sebenarnya.

Berbicara menjelang KTT, Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengisyaratkan bahwa pemberian status calon Uni Eropa kepada Ukraina adalah "pesan simbolis" penting untuk mendukung Kiev di tengah konflik yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Baca: Tentara Inggris Diperintahkan Bersiap Hadapi Rusia di Medan Perang Eropa

“Keanggotaan UE yang sebenarnya, bagaimanapun, masih "bertahun-tahun" lagi dan negara itu harus memenuhi standar Eropa terlebih dahulu, jelasnya.

“Ini tidak berarti bahwa Ukraina akan segera menjadi bagian dari Uni Eropa. Ini adalah proses bertahun-tahun dengan banyak reformasi yang akan sangat sulit dan bagi kami sangat penting untuk memberikan sinyal simbolis yang kuat,” kata De Croo.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji keputusan Uni Eropa untuk memberikan status kandidat negara, menyebut perkembangan itu sebagai momen "unik dan bersejarah".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1355 seconds (10.55#12.26)