Lawan dicoret, Rakhmon kembali pimpin Tajikistan

Kamis, 07 November 2013 - 13:55 WIB
Lawan dicoret, Rakhmon kembali pimpin Tajikistan
Lawan dicoret, Rakhmon kembali pimpin Tajikistan
A A A
Sindonews.com - Imomali Rakhmon, 61, terpilih kembali menjadi Presiden Tajikistan untuk tujuh tahun ke depan, setelah memenangkan pemilu presiden. Komisi Pemilu Pusat (CEC), pada Kamis (7/11/2013), mengumumkan kemenangan bekas kepala negara Soviet itu, setelah meraih 83,1 persen suara.

"Pemilihan Presiden Republik Tajikistan digelar sesuai dengan hukum yang ketat, dan sejalan dengan prinsip demokrasi , bebas dan transparan,” kata Shermukhammad Shokhiyon.

Mengutip laporan Reuters, Rakhmon mengalahkan pesaingnya, dari kubu oposisi, Oynihol Bobonazarova , 61, yang merupakan seorang aktivis. Pesaing Rakhmon itu, didiskualifikasi karena gagal mengumupulkan 210 ribu tanda tangan dari pendukungnya sebagai syarat dia ikut pemilihan presiden.

Sementara itu, negara-negara Barat tidak mengakui pemilihan presiden Tajikistan yang calonnya tunggal itu, meski diklaim CEC berlangsung bebas dan adil. Sebuah delegasi dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, yang memantau pemilihan presiden menyimpulkan hal itu pada Kamis (7/11/2013).

Para kritikus mengatakan, Rakhmon yang didukung Moskow harus mengatasi masalah ketegangan sosial di negara bekas republik Soviet itu, di mana sekitar setengah dari 8 juta penduduknya hidup dalam kemisikinan selama 16 tahun terakhir.

Kemiskinan mendera negara itu, setelah perang saudara mengacaukan Tajikistan. Konflik telah lama terjadi di negara yang berbatasan dengan Kirgistan tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4792 seconds (0.1#10.140)