Jamaah Haji Indonesia Jadi yang Pertama Tiba di Arab Saudi

Sabtu, 04 Juni 2022 - 23:17 WIB
loading...
Jamaah Haji Indonesia Jadi yang Pertama Tiba di Arab Saudi
Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) membantu calon haji kloter pertama dari embarkasi Jakarta Bekasi setibanya di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Sabtu (4/6/2022). Foto/ANTARA FOTO/HO/Media Center Haji 2022
A A A
MADINAH - Pemerintah Arab Saudi pada hari Sabtu (4/6/2022) menyambut jamaah haji gelombang pertama sejak pandemi virus corona. Jamaah asal Indonesia menjadi jamaah asing yang pertama tiba.

Rombongan jamaah haji asal Indonesia mendarat di kota Madinah dan akan melakukan perjalanan ke selatan ke kota suci Makkah dalam beberapa minggu mendatang untuk mempersiapkan haji bulan depan.

“Hari ini kami menerima kelompok pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan dilanjutkan dari Malaysia dan India,” kata Mohammed al-Bijawi, pejabat dari Kementerian Haji Arab Saudi, kepada saluran Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah setempat.



“Hari ini kami senang menerima tamu-tamu Tuhan dari luar kerajaan, setelah dua tahun terhenti karena pandemi,” ujarnya, menggambarkan Arab Saudi sepenuhnya siap untuk mengakomodasi mereka.

Salah satu dari lima rukun Islam, ibadah haji wajib dilakukan oleh semua Muslim yang memiliki kemampuan setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Ibadah ini menjadi salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia. Pada 2019 lalu, sekitar 2,5 juta orang menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Tetapi setelah dimulainya pandemi virus corona atau COVID-19 pada tahun 2020, otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka hanya akan mengizinkan 1.000 jamaah untuk ambil bagian.

Tahun berikutnya, mereka meningkatkan total menjadi 60.000 warga Arab Saudi yang divaksinasi penuh dan warga asing yang menetap—yang dipilih melalui undian.

Pembatasan jamaah luar negeri menyebabkan kekecewaan mendalam di kalangan umat Islam di seluruh dunia, yang biasanya menabung selama bertahun-tahun untuk ambil bagian.

Pada bulan April, Kerajaan Arab Saudi mengumumkan akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam haji tahun ini, yang akan berlangsung pada bulan Juli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)