Profil Anak Raja Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Salman yang Jadi Gubernur Madinah

Kamis, 02 Juni 2022 - 15:46 WIB
loading...
Profil Anak Raja Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Salman yang Jadi Gubernur Madinah
Pangeran Arab Saudi Faisal bin Salman. Foto/saudi royal family
A A A
RIYADH - Pangeran Faisal bin Salman merupakan pria kelahiran Jeddah, 25 Desember 1970. Pria dengan nama lengkap Faisal bin Salman Al Saud ini adalah putra kelima dari Raja Salman bin Abdulaziz, dengan ibu bernama Sultana binti Turki Al Sudairi.

Lima saudara kandung Faisal lainnya adalah Pangeran Fahd, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, dan Putri Hassa.

Pangeran Faisal dikenal sebagai pemimpin visioner yang berpengalaman dalam urusan negara. Ia menamatkan pendidikan doktornya di Universitas Oxford di bidang ilmu politik.

Baca juga: Mantan Putri Qatar Ditemukan Tewas di Spanyol, Diduga Overdosis Narkoba

Tak dipungkiri bahwa keahliannya di bidang tata negara menjadikan Faisal berpengetahuan tinggi tentang urusan lokal, regional, dan juga internasional.

Baca juga: AS Sudah Susun Rencana Jika Terjadi Kiamat atau Perang Nuklir, Apa Saja Isinya?

Tesis yang ditulisnya berjudul “Iran, Arab Saudi and the Gulf: Power Politics in Transition 1968-1971”, dipublikasikan oleh I.B.Tauris pada 2003.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Madinah, Faisal bin Salman memiliki perjalanan karier yang beragam, mulai dari pebisnis hingga media.

Ia sempat bekerja sebagai profesor ilmu politik di Universitas Raja Saud (KSU) yang berbasis di Riyadh.

Pada tahun 2022, saudaranya yang bernama Pangeran Ahmed bin Salman meninggal. Hal ini menjadikan Faisal bin Salman sebagai Ketua Saudi Research and Marketing Group (SRMG).

Ia juga menjabat sebagai Ketua Charitable Society for the Care of Orphans (Ensan) serta menjadi Anggota Dewan Pengawas Prince Salman Center for Disability Research.

Pada tahun 2013, Pangeran Faisal bin Salman resmi menjabat sebagai Gubernur Madinah hingga sekarang.

(sya)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1921 seconds (10.101#12.26)