Presiden Luar Negeri yang Pernah Mengutip Ayat Alquran

Kamis, 02 Juni 2022 - 13:36 WIB
loading...
Presiden Luar Negeri yang Pernah Mengutip Ayat Alquran
Tiga presiden ini pernah mengutip ayat Alquran dalam pidatonya. Foto/REUTERS/sputnik
A A A
MOSKOW - Penggunaan ayat Alquran atau hadis Nabi dalam kehidupan sehari-hari sepertinya adalah satu hal yang lazim.

Namun apa jadinya jika seorang presiden, apalagi dari dunia Barat, yang menggunakan potongan ayat Alquran dalam pidatonya? Berikut informasi lengkapnya.

1. Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di Ankara, Turki, pada 16 September 2019 untuk mendesak adanya perdamaian di Yaman.

Presiden Luar Negeri yang Pernah Mengutip Ayat Alquran


Secara mengejutkan, Putin mengutip salah satu ayat Alquran, yakni Surat Ali Imran ayat 103 yang berbunyi, “Dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan. Lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara.”

Tak berapa lama, ia melanjutkan pidatonya dengan menyelipkan kembali potongan ayat suci Alquran dari surat Al Baqarah ayat 109.

Hal serupa juga dilakukan Putin ketika menyampaikan pidatonya dalam peringatan Hari Persatuan Nasional Rusia pada 4 November 2020.

Dalam acara yang dihadiri para pemuka agama secara daring itu, Putin mengutip ayat ke-23 Surat As-Syura yang berbunyi, “Itulah (karunia) yang Allah menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh. Katakanlah: ‘Aku tidak meminta ke padamu sesuatu upah pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan’. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikan itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Dia juga membacakan surat lain, yakni An-Nahl ayat 128 yang artinya, “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)