Biden Setuju AS Kirim Sistem Roket Canggih ke Ukraina

Rabu, 01 Juni 2022 - 08:30 WIB
loading...
Biden Setuju AS Kirim Sistem Roket Canggih ke Ukraina
Biden Setuju AS Kirim Rudal Jarak Jauh ke Ukraina. FOTO/AP
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden setuju untuk memberi Ukraina sistem roket canggih yang dapat menyerang dengan presisi pada target jarak jauh Rusia . Ini adalah bagian dari paket senjata senilai USD700 juta yang diharapkan akan diluncurkan pada Rabu (1/6/2022).

Dalam sebuah opini di New York Times pada Selasa (31/5/2022), Biden mengatakan: "Kami telah bergerak cepat untuk mengirim Ukraina sejumlah besar persenjataan dan amunisi sehingga dapat bertarung di medan perang dan berada di posisi sekuat mungkin di meja perundingan."



“Itulah mengapa saya memutuskan bahwa kami akan memberi Ukraina sistem roket dan amunisi yang lebih canggih yang akan memungkinkan mereka untuk lebih tepat menyerang sasaran utama di medan perang di Ukraina,” tulis Biden.

Amerika Serikat menyediakan Ukraina dengan sistem roket artileri mobilitas tinggi yang dapat secara akurat mencapai target sejauh 80 km, setelah Ukraina memberikan "jaminan" mereka tidak akan menggunakan rudal untuk menyerang di dalam Rusia, kata pejabat senior pemerintah.

Seperti dilaporkan Reuters, paket itu juga termasuk amunisi, radar anti tembakan, sejumlah radar pengawasan udara, rudal anti-tank Javelin tambahan, serta senjata anti-armor.



Para pejabat Ukraina telah meminta sekutu untuk sistem rudal jarak jauh yang dapat menembakkan rentetan roket ratusan mil jauhnya, dengan harapan mengubah keadaan dalam perang selama tiga bulan.

Biden pada hari Selasa mengatakan kepada wartawan bahwa AS tidak akan mengirim sistem roket ke Ukraina yang bisa menyerang Rusia. Dia tidak mengesampingkan menyediakan sistem senjata tertentu, tetapi tampaknya menempatkan kondisi tentang bagaimana mereka dapat digunakan.

Biden mengaku ingin membantu Ukraina mempertahankan diri tetapi menentang penyediaan senjata yang dapat digunakan Ukraina untuk menyerang Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)