Moskow: Barat Nyatakan Perang Total Terhadap Rusia

Jum'at, 27 Mei 2022 - 18:59 WIB
loading...
Moskow: Barat Nyatakan Perang Total Terhadap Rusia
Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan perilaku negara-negara Barat saat ini sama dengan perang total terhadap dunia Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Perilaku negara-negara Barat saat ini sama dengan “perang total terhadap dunia Rusia .” Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov selama pertemuan dengan para kepala wilayah negara itu.

Ia menambahkan masyarakat Rusia dan kekuatan politik utama mendukung keputusan pemerintah untuk menghadapi tantangan ini.

"Negara-negara Barat menggandakan, tiga kali lipat dan empat kali lipat upaya mereka untuk menghalangi bangsa kita. Mereka menggunakan beragam alat, dari sanksi ekonomi sepihak hingga propaganda yang benar-benar menipu di media global,” kata Lavrov.

“Russophobia tingkat rendah, yang dengan penyesalan terdalam kami dipromosikan oleh sejumlah pemerintah, telah meningkat ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” catatnya.

Baca juga: PM Finlandia: Tindakan Rusia di Ukraina adalah Titik Balik bagi Eropa

“Barat telah menyatakan perang total melawan kami, melawan seluruh dunia Rusia. Tidak ada yang menyembunyikan fakta ini sekarang,” ujar Lavrov.

"'Cancel culture' yang menargetkan segala sesuatu yang berhubungan dengan bangsa kita menjadi tidak masuk akal," cetusnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (27/5/2022).

Lavrov mengatakan Rusia menanggapi tekanan tersebut dengan menyatukan semua kekuatan patriotik yang sehat dan gelombang dukungan publik untuk kebijakan luar negeri Rusia.

Baca juga: Lavrov Ungkap Strategi Geopolitik Rusia, Sebut Barat Diktator

Lavrov juga mencatat bahwa krisis tersebut telah mengungkap sifat sebenarnya dari janji-janji yang diberikan kepada Rusia 30 tahun lalu, setelah runtuhnya Uni Soviet.

“Kami sekarang melihat nilai dari semua pembicaraan tentang nilai-nilai universal dan kebutuhan untuk mengubah Eropa menjadi rumah bersama dari Atlantik ke Pasifik,” ucapnya.

"Tidak ada yang harus memiliki ilusi tentang sikap AS dan sekutunya terhadap Rusia," tambahnya.

Diplomat senior Rusia itu berbicara pada pertemuan dewan Kementerian Luar Negeri yang mencakup semua kepala regional Rusia sebagai anggota. Badan penasehat secara teratur bertemu untuk membahas bagaimana korps diplomatik dapat membantu berbagai bagian negara. Sebagai menteri luar negeri, Lavrov memimpin dewan tersebut.

Baca juga: 4 Negara UE Usulkan Penggunaan Aset Rusia untuk Membangun Kembali Ukraina

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1759 seconds (10.55#12.26)