Soal Kirim Pasukan ke Ukraina, Jenderal AS: Masih Jauh

Selasa, 24 Mei 2022 - 19:44 WIB
loading...
Soal Kirim Pasukan ke Ukraina, Jenderal AS: Masih Jauh
Jenderal AS Mark Milley sebut Amerika masih jauh dari kemungkinan keputusan apakah akan mengirimkan kembali pasukan ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), Jenderal Mark Milley mengatakan, Amerika masih "jauh" dari kemungkinan keputusan apakah akan mengirimkan kembali pasukan ke Ukraina , bahkan ketika dia mengakui perencanaan tingkat rendah sedang berlangsung.

Presiden Joe Biden memutuskan untuk menarik pasukan Amerika dari Ukraina sebelum invasi Rusia pada 24 Februari untuk menghindari konflik langsung dengan musuh bersenjata nuklir.

Tetapi keadaan yang berubah termasuk pembukaan kembali kedutaan AS telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah pasukan Amerika mungkin diminta kembali untuk membantu memastikan keamanan diplomat di negara yang sedang berperang.

Pada konferensi pers, Milley mengakui beberapa tingkat perencanaan staf menjelang keputusan potensial untuk mengirim pasukan AS kembali ke Ukraina. Perencanaan itu belum sampai ke levelnya untuk ditinjau atau ke level Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. Kemudian, pada akhirnya, terserah Biden.

Baca juga: Resimen Azov yang Menyerah Menanti Nasib, Akankah Dihukum Mati Rusia?

"Pada akhirnya, setiap pengenalan kembali pasukan AS ke Ukraina akan membutuhkan keputusan presiden. Jadi kami jauh dari hal seperti itu," kata Milley.



"Kami masih mengembangkan tindakan, dan belum ada yang disampaikan kepada Menteri," imbuhnya seperti dikutip dari US News, Selasa (24/5/2022).

Milley tidak merinci apakah dia mengacu pada perencanaan tingkat rendah bagi pasukan AS untuk berpotensi mengamankan kehadiran diplomatik Amerika di Ukraina atau berpotensi untuk kegiatan lain juga.

Pentagon membantu Ukraina memerangi pasukan Rusia dengan berbagi informasi intelijen dan mengirimkannya persenjataan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1270 seconds (10.55#12.26)