Pertama Sejak Invasi, Jenderal AS-Rusia Lakukan Pembicaraan

Jum'at, 20 Mei 2022 - 03:35 WIB
loading...
Pertama Sejak Invasi, Jenderal AS-Rusia Lakukan Pembicaraan
Pertama sejak invasi, Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), Jenderal Mark Milley, melakukan pembicaraan via telepon dengan Kepala Staf Umum Rusia Jenderal Valery Gerasimov. Foto/SCMP
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengatakan Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat (AS), Jenderal Mark Milley, melakukan pembicaraan via telepon dengan Kepala Staf Umum Rusia Jenderal Valery Gerasimov. Ini adalah percakapan pertama antara keduanya sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari lalu.

"Para pemimpin militer membahas beberapa masalah terkait keamanan yang menjadi perhatian dan sepakat untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka," kata juru bicara Milley.

"Sesuai dengan praktik sebelumnya, detail spesifik dari percakapan mereka akan dirahasiakan," tambah juru bicara itu seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (20/5/2022).



Militer AS tidak menyebutkan masalah spesifik apa pun yang dibahas.

Sementara itu Kementerian Pertahanan Rusia lewat pernyataannya mengatakan kedua pejabat tinggi militer tersebut membahas berbagai “masalah kepentingan bersama,” termasuk konflik yang sedang berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

"Pembicaraan diadakan atas permintaan pihak Amerika," katanya seperti dikutip dari Russia Today.

Pembicaraan itu terjadi setelah Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara dengan mitranya dari Rusia pekan lalu, dan kepala Pentagon menyerukan gencatan senjata segera di Ukraina.



AS dan Rusia telah membentuk hotline sejak invasi - yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" - dimulai pada 24 Februari lalu untuk mencegah salah perhitungan dan meluasnya konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)