Rusia Gunakan Senjata Laser di Ukraina, Zelensky Meledek: Senjata Ajaib

Kamis, 19 Mei 2022 - 11:03 WIB
loading...
Rusia Gunakan Senjata Laser di Ukraina, Zelensky Meledek: Senjata Ajaib
Presiden Volodymyr Zelensky meledek klaim Rusia bahwa pasukan Moskow menggunakan senjata laser dalam perangnya di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Rusia telah mengonfirmasi bahwa pasukannya mulai menggunakan generasi baru dari senjata laser dalam perangnya di Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meledek dengan menyebutnya sebagai "senjata ajaib".

Militer Moskow mengeklaim senjata laser dikerahkan untuk membakar drone. Itu bagian dari beberapa senjata rahasia Moskow untuk melawan senjata Barat yang membanjiri Kiev.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2018 memperkenalkan rudal balistik antarbenua, drone nuklir bawah air, senjata supersonik, dan senjata laser.

Sedikit yang diketahui tentang spesifikasi senjata laser baru Rusia. Putin menyebutkan salah satunya, yang disebut Peresvet, dinamai dari seorang biarawan prajurit Ortodoks abad pertengahan Alexander Peresvet yang tewas dalam pertempuran.



Yury Borisov, Wakil Perdana Menteri Rusia yang bertanggung jawab atas pengembangan militer, mengatakan pada sebuah konferensi di Moskow bahwa Peresvet sudah digunakan secara luas dan dapat membutakan satelit yang tingginya hingga 1.500 km di atas Bumi.

Dia mengatakan sudah ada sistem yang lebih kuat dari Peresvet yang bisa membakar drone dan peralatan lainnya. Borisov mengutip sebuah tes senjata laser pada hari Selasa, yang katanya, telah membakar drone sejauh 5 km dalam waktu lima detik.

“Jika Peresvet membutakan, maka senjata laser generasi baru mengarah pada penghancuran fisik target–penghancuran termal, mereka terbakar,” katanya kepada televisi pemerintah Rusia.

Ditanya apakah senjata semacam itu digunakan di Ukraina, Borisov menjawab: “Ya. Prototipe pertama sudah digunakan di sana.”

Dia mengatakan senjata itu disebut "Zadira".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)