Gabung NATO, Swedia Dapat Kerahkan 1.000 Lebih Jet Tempur Bantu Ukraina

Rabu, 18 Mei 2022 - 04:04 WIB
loading...
A A A


“Tebakan pada ahliakan menempatkannya sekitar 1.000 hingga 1.200, sehingga menjadikan Angkatan Udara Swedia salah satu yang terkuat di dunia,” katanya.

Angkatan Udara Swedia menggunakan jet tempur Saab JAS 39 Gripen, sebuah jet tempur ringan multirole bermesin tunggal yang merupakan salah satu pesawat non-siluman terbaik di dunia.

Jet ini juga dibanggakan sebagai pesawat tempur pertama di dunia yang membawa rudal udara-ke-udara Meteor yang mematikan, yang merupakan senjata di luar jangkauan visual (BVR) yang dapat melacak dan membunuh target pada jarak hingga 80 mil.

Varian Gripen C dari pesawat ini dapat membawa empat rudal Meteor, sedangkan Gripen E memiliki tujuh.

Menurut situs web Saab, Gripen E memiliki 10 hard-point; menawarkan senjata dan pod terbaik di kelasnya dari seluruh dunia; dan memiliki kemudahan integrasi penyimpanan yang tak tertandingi.



“Gripen E dapat melakukan misi udara-ke-udara, udara-ke-permukaan dan pengintaian. Supremasi udara dicapai dengan membawa hingga tujuh Rudal Udara-ke-Udara Meteor Beyond Visual Range dan dua rudal IRIS-T Dalam Jangkauan Visual," menurut situs tersebut.

"Senjata seperti ini, dikombinasikan dengan kemampuan untuk menggunakan cara ofensif dan defensif secara bersamaan, memungkinkan Gripen E untuk mendeteksi, menyerang, dan menekan atau menghancurkan target secara efektif," sambung keterangan di situs tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)