Ini Lima Masjid Terbesar di Rusia

Selasa, 17 Mei 2022 - 05:00 WIB
loading...
Ini Lima Masjid Terbesar di Rusia
Ini Lima Masjid Terbesar di Rusia. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Rusia masih menjadi sorotan masyarakat pasca invansi militer yang dilakukan terhadap Ukrainan sejak Februari lalu. Namun, siapa sangka ternyata Rusia memiliki masjid terbesar di Eropa.

Berikut masjid terbesar di Rusia seperti dilansir dari berbagai sumber:

Baca: Hoaks! Rusia Mengebom Masjid Sultan Suleiman di Ukraina, Ini Faktanya

1. Masjid Katedral Moskow
Masjid Katedral Moskow ini disebut sebagai masjid terbesar di Eropa dan bisa menampung 10.000 jemaah. Masjid yang terletak di Moskow ini memiliki enam lantai dengan ruangan solat, ruang perpustakaan, ruang serbaguna, museum juga ruangan pameran. Masjid cantik ini disebut katedral yang juga berarti besar atau agung.

2. Masjid Heart of Chechnya
Terletak di Gronzg, Rusia, masjid ini berdesain klasik dengan marmer putih di bagian luarnya. Presiden pertama Republik Chechen, Akmad Kadirov adalah orang yang memberi nama masjid dengan tinggi 63 meter dan 32 meter untuk kubah indahnya.



3. Masjid Juma Derbent
Unesco memasukan masjid Juma yang berlokasi di Derbent ini sebagai situs warisan budaya. Masjid tertua di Rusia ini dibangun sekitar tahun 740. Di halaman dalam Masjid Juma terdapat pohon Platanus kuno yang berasal dari abad ke-9.

4. Masjid Lala Tulpan
Berlokasi di Ufa, masjid yang termasuk salah satu masjid terbesar di Rusia ini memiliki menara kembar yang bentuknya seperti bunga tulip mekar. Membutuhkan sembilan tahun untuk membangun masjid yang memiliki arti bunga tulip mekar ini.

5. Masjid Kul Sharif Kazan
Masjid ini memiliki 6 menara dengan tinggi masing-masing menara 55 meter. Pada tahun 2000, Unesco menjadikan masjid ini sebagai situs warisan dunia. Tidak heran karena masjid ini memiliki arsitektur cantik dengan perpaduan warna putih dan biru.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)