Presiden Finlandia Konfirmasi Negaranya Akan Gabung NATO

Minggu, 15 Mei 2022 - 21:40 WIB
loading...
Presiden Finlandia Konfirmasi Negaranya Akan Gabung NATO
Presiden Finlandia Konfirmasi Negaranya Akan Gabung NATO. FOTO/Reuters
A A A
HELSINKI - Presiden Finlandia , Sauli Niinisto mengkonfirmasi pada Minggu (15/5/2022), bahwa negaranya akan mengajukan keanggotaan aliansi militer NATO. Ini adalah perubahan kebijakan bersejarah yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Moskow, yang berbatasan 1.300 km dengan Finlandia, mengatakan bahwa bergabung dengan aliansi transatlantik itu akan menjadi kesalahan bagi Helsinki. Moskow juga menyebut langkah itu akan merusak hubungan bilateral.



Swedia juga diperkirakan akan mengikuti langkah ini, karena dukungan publik untuk keanggotaan telah tumbuh di tengah masalah keamanan.

Pengumuman hari Minggu datang setelah Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka berdua menyukai keanggotaan NATO (North Atlantic Treaty Organization), memberikan lampu hijau bagi negara untuk mendaftar.

"Hari ini, kami, presiden dan Komite Kebijakan Luar Negeri pemerintah, telah bersama-sama memutuskan bahwa Finlandia akan mengajukan keanggotaan NATO," kata Niinisto kepada wartawan di istana presiden di Helsinki, seperti dikutip dari Reuters.

Niinisto menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Sabtu untuk memberitahu dia tentang rencana Finlandia untuk bergabung dengan aliansi. Dan, Putin mengatakan, langkah seperti itu akan merusak hubungan Rusia-Finlandia.



"Saya, atau Finlandia, tidak diketahui menyelinap dan diam-diam menghilang di balik tikungan. Lebih baik mengatakan secara langsung apa yang sudah dikatakan, juga kepada pihak terkait dan itulah yang ingin saya lakukan," katanya tentang panggilannya pada hari Minggu.

Presiden Finlandia menyatakan kesiapannya untuk mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari Turki Tayyip Erdogan, setelah Ankara mengajukan keberatan terhadap negara-negara Nordik yang bergabung dengan NATO.

Sebagai anggota NATO, Turki dapat memveto aplikasi mereka. Niinisto mengaku "sedikit bingung" tentang apa yang dia katakan sebagai perubahan sikap Turki. "Yang kita butuhkan sekarang adalah jawaban yang sangat jelas, saya siap untuk berdiskusi baru dengan Presiden Erdogan tentang masalah yang dia angkat," ungkapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)