Dua pekan lagi, Israel & Palestina berunding semeja

Rabu, 31 Juli 2013 - 10:37 WIB
Dua pekan lagi, Israel & Palestina berunding semeja
Dua pekan lagi, Israel & Palestina berunding semeja
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, mengatakan, utusan Israel dan Palestina akan bertemu dalam waktu dua minggu lagi untuk melanjutkan perudingan damai. Mereka akan kembali duduk semeja untuk membahas perbatasan, pengungsi dan situasi keamanan.

”Kedua pihak telah sepakat untuk tetap terlibat dalam berkelanjutan, terus-menerus dan bernegosiasi substantif pada isu-isu inti. Mereka akan bertemu dalam waktu dua minggu ke depan baik di Israel atau wilayah Palestina,” kata Departemen Luar Negeri AS, dalam sebuah pernyataan, kemarin, seperti dikutip Xinhua, Rabu (31/7/2013).

Pada pembicaraan awal, kedua pihak sepakat perundingan damai akan berlangsung selama sembilan bulan. ”Semua pihak telah sepakat hari ini, semua masalah status, isu-isu inti dan semua masalah lainnya, diselesaikan dengan negosiasi di atas meja,” ujar juru bicara Kerry khusus pers.

Dalam perundingan awal, pihak Israel diwakili kepala negosiator Israel Tzipi Livni dan dari kubu Palestina diwakili Saeb Erekat. ”Mereka berada di meja dengan satu tujuan sederhana; tujuan untuk mengakhiri konflik, mengakhiri klaim,” katanya. ”Tujuan kami adalah untuk mencapai kesepakatan status akhir selama sembilan bulan ke depan.”

Satu hari sebelum perundingan dimulai kembali di Washington, kabinet Israel membebaskan 104 tahanan Palestina. Pembebasan ratusan tahanan itu menjadi permintaan Palestina sebagai syarat untuk memulai perundingan damai di Washington.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4733 seconds (0.1#10.140)