FBI & FSB lakukan pembicaraan khusus terkait Snowden

Sabtu, 27 Juli 2013 - 15:29 WIB
FBI & FSB lakukan pembicaraan khusus terkait Snowden
FBI & FSB lakukan pembicaraan khusus terkait Snowden
A A A
Sindonews.com – Biro keamanan AS, FBI dan dinas keamanan Rusia, FSB, melakukan pembicaraan khusus, terkait buronan AS yang bersembunyi di Mokow, Edward Snowden. Demikian disampaikan juru bicara Kepresiden Rusia, Dmitry Peskov.

Namun, Peskov menegaskan kembali, bahwa posisi Rusia tetap netral. ”Bukan atas tangan siapa pun,” katanya, seperti dikutip CNN, Sabtu (27/7/2013).

Snowden yang diburu pemerintah AS karena membocorkan penyadapan global NSA berkode Prism, telah terjebak di area transit di bandara Moskow selama sebulan terakhir, karena dia tidak memiliki dokumen perjalanan yang sah, setelah AS mencabut paspornya.

Jaksa Agung AS, Eric Holder, telah berupaya untuk meyakinkan Moskow, bahwa Snowden tidak akan menghadapi hukuman mati di AS. Washington ingin dia diekstradisi, karena membocorkan rincian program surveilans.

Peskov menekankan pada wartawan, bahwa Presiden Vladimir Putin telah menyatakan tekad yang kuat untuk tidak membiarkan kasus ini mengganggu hubungan AS-Rusia. Putin tidak ingin larut dalam polemik Snowden.

Presiden Rusia telah menolak untuk menyerahkan Snowden kepada pihak berwenang Amerika, tetapi mengatakan ia bisa tinggal di Rusia hanya jika ia berhenti membocorkan rahasia AS.

Ayah Snowden, Lon Snowden, pada Jumat kemarin, mengatakan ia yakin anaknya harus tinggal di Rusia dan menghindari AS. Ia menyebut, anaknya telah difitnah oleh Pemerintahan Obama dan anggota Kongres AS. ”Jika itu saya, saya akan mencoba untuk menemukan tempat yang aman," kata Lon Snowden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4662 seconds (0.1#10.140)