Pukul Mundur Pasukan Rusia, Ukraina Rebut Kembali Desa-desa Dekat Kharkiv

Rabu, 11 Mei 2022 - 04:11 WIB
loading...
Pukul Mundur Pasukan Rusia, Ukraina Rebut Kembali Desa-desa Dekat Kharkiv
Pukul Mundur Pasukan Rusia, Ukraina Rebut Kembali Desa-desa Dekat Kharkiv. FOTO/Reuters
A A A
KHARKIV - Ukraina mengatakan pada Selasa (10/3/2022), pasukannya telah merebut kembali desa-desa dari pasukan Rusia di utara dan timur laut Kharkiv. Langkah ini menandakan pergeseran momentum perang dan membahayakan kemajuan pasukan Rusia.

Tetiana Apatchenko, petugas pers untuk Brigade Mekanik Terpisah ke-92, pasukan utama Ukraina di daerah itu, membenarkan bahwa pasukan Ukraina telah merebut kembali pemukiman Cherkaski Tyshky, Ruski Tyshki, Borshchova dan Slobozhanske, di kantong utara Kharkiv dalam beberapa hari terakhir.



Yuriy Saks, penasihat Menteri Pertahanan Oleksiy Reznikov mengatakan, keberhasilan itu mendorong pasukan Rusia keluar dari jangkauan Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, yang telah dibombardir terus-menerus sejak perang dimulai.

"Operasi militer Angkatan Bersenjata Ukraina di sekitar Kharkiv, terutama di utara dan timur laut Kharkiv, adalah semacam kisah sukses," kata Saks kepada Reuters. "Tentara Ukraina mampu mendorong penjahat perang ini ke garis di luar jangkauan artileri mereka," lanjutnya.

Serangan balik bisa menandakan fase baru dalam perang. Ukraina sekarang melakukan tindakan ofensif setelah berminggu-minggu, di mana Rusia melakukan serangan besar-besaran tanpa membuat terobosan.



Dengan mendorong mundur pasukan Rusia yang telah menduduki pinggiran Kharkiv sejak awal invasi, Ukraina bergerak ke jarak serang dari jalur suplai belakang yang menopang kekuatan serangan utama Rusia lebih jauh ke selatan.

"Mereka mencoba untuk memotong dan di belakang Rusia untuk memotong jalur pasokan, karena itu benar-benar salah satu kelemahan utama mereka (Rusia)," kata Neil Melvin dari think-tank RUSI di London.

"Ukraina semakin dekat dengan perbatasan Rusia. Jadi semua keuntungan yang dibuat Rusia di hari-hari awal di timur laut Ukraina semakin menjauh," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2931 seconds (0.1#10.140)