PM Inggris: Pemerintah Assad yang sekarang lebih kuat

Senin, 22 Juli 2013 - 17:18 WIB
PM Inggris: Pemerintah Assad yang sekarang lebih kuat
PM Inggris: Pemerintah Assad yang sekarang lebih kuat
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Inggris, David Cameron, mengatakan, posisi pemerintahan Presiden Suriah, Bashar al-Assad saat ini lebih kuat dari beberapa bulan sebelumnya. Kendati demikian, London masih tetap berniat untuk mengirim senjata untuk pemberontak anti-Assad.

”Saya pikir, dia (Assad) mungkin lebih kuat dari beberapa bulan yang lalu. Tapi saya masih akan menggambarkan situasi (di Suriah) sebagai jalan buntu,” kata Cameron kepada BBC, Senin (22/7/2013).

Inggris mendorong untuk Uni Eropa (UE) untuk mengakhiri embargo senjata bagi militan Suriah, dan menyerukan pada negara-negara Barat untuk mempersenjatai pemberontak yang berupaya untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.

Namun, Cameron masih berpikir ulang terkait risiko mempersenjatai para pemberontak Suriah. Sebagian besar publik Inggris khawatir senjata yang dikirim nantinya jatuh ke tangan ekstremis.

Pemerintah Suriah pada Juni lalu, berhasil merebut kembali kota strategis penting di Suriah, al-Qusayr, yang sebelumnya dikuasai kelompok pemberontak. Pasukan loyalis Assad juga berhasil merebut sebagian besar wilayah Homs dari tangan pemberontak.

Suriah telah dilanda konflik mematikan sejak Maret 2011. Menurut catatan PBB, lebih dari 90 ribu orang terbunuh dan jutaan warga mengungsi. Versi Obeservatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, jumlah korban tewas dalam konflik di Suriah lebih dari 100 ribu orang.

Negara-negara Barat, termasuk Inggris dan sekutu regional mereka yang lain, telah mendukung militan anti-Assad selama dua tahun lebih. Sedangkan Rusia cenderung mendukung Pemerintah Assad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3661 seconds (0.1#10.140)