Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Vladimir Putin

Minggu, 08 Mei 2022 - 11:14 WIB
loading...
Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Vladimir Putin
Italia menyita kapal pesiar mewah milik Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/New Zealand Herald
A A A
ROMA - Pemerintah Italia menyita kapal pesiar mewah milik Presiden Rusia Vladimir Putin awal pekan ini. Kapal pesiar senilai USD1 miliar itu disita sebagai bagian dari penyelidikan.

Setelah menghabiskan dua tahun berturut-turut di bawah inspeksi dan perbaikan di Marina di Carrara di pantai utara Tuscany, megayacht Scheherazade – dikabarkan milik Kremlin – kembali mengapung di atas air pada Selasa waktu setempat.

Dilaporkan bahwa pemiliknya, yang secara luas dikabarkan memiliki hubungan dengan presiden Rusia, bermaksud menggunakannya untuk melarikan diri dari perairan Eropa untuk menghindari sanksi yang dijatuhkan pada Rusia.

Namun, pada hari Jumat, polisi Italia menaiki kapal setinggi hampir 140 meter dan memberi tahu awak kapal bahwa kapal tidak akan berlayar.



Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Kementerian Ekonomi dan Keuangan Italia mengatakan Menteri Ekonomi Daniele Franco telah menandatangani perintah yang mencegah kapal itu meninggalkan pelabuhan.

Kementerian itu mengatakan penyelidikannya - yang telah berlangsung sejak Maret di tengah pernyataan bahwa kapal itu dimiliki oleh Vladimir Putin - terungkap bahwa kapal itu memiliki hubungan ekonomi dan bisnis yang signifikan dengan elemen-elemen penting dari pemerintah Rusia dan dengan pihak lain yang dikenai sanksi Uni Eropa seperti dikutip dari New Zealand Herald, Minggu (8/5/2022).

The New York Times melaporkan bahwa pejabat AS menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai salah satu "elemen penting".

Ia menambahkan pemilik superyacht adalah orang yang mengancam perdamaian dan keamanan internasional dan yang tindakannya merusak atau mengancam integritas teritorial, kedaulatan, dan kemerdekaan Ukraina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)