Taliban Perintahkan Wanita Afghanistan Pakai Burqa

Sabtu, 07 Mei 2022 - 20:50 WIB
loading...
Taliban Perintahkan Wanita Afghanistan Pakai Burqa
Taliban Perintahkan Wanita Afghanistan Pakai Burqa. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Taliban pada Sabtu (7/5/2022) memberlakukan salah satu pembatasan paling keras pada kaum wanita Afghanistan sejak merebut kekuasaan negeri itu. Taliban memerintahkan kaum wanita Afghanistan untuk mengenakan burqa yang menutupi seluruh tubuh jika berada di depan umum.

Pemimpin tertinggi Afghanistan dan kepala Taliban, Hibatullah Akhundzada mengumumkan aturan itu. “Mereka harus mengenakan chadori (burka dari kepala hingga ujung kaki) karena itu tradisional dan penuh hormat,” kata sebuah dekrit atas namanya yang dirilis oleh otoritas Taliban pada sebuah upacara di Kabul.



“Perempuan yang tidak terlalu tua atau muda harus menutup wajah mereka, kecuali mata, sesuai petunjuk syariah, untuk menghindari provokasi ketika bertemu laki-laki yang bukan mahram (kerabat dekat laki-laki dewasa),” lanjut dekrit itu, seperti dikutip dari AFP.

Perintah itu diperkirakan akan memicu kecaman di luar negeri. Banyak komunitas internasional menginginkan bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan dan pengakuan pemerintah Taliban dikaitkan dengan pemulihan hak-hak perempuan.

Dekrit Akhundzada juga mengatakan bahwa jika perempuan tidak memiliki pekerjaan penting di luar, "lebih baik mereka tinggal di rumah". Selama rezim pertama mereka, Taliban telah mewajibkan burqa bagi wanita.



Sejak mereka kembali berkuasa, Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan mereka yang ditakuti telah mengeluarkan beberapa "pedoman" tentang apa yang harus dikenakan wanita tetapi dekrit hari Sabtu adalah tatanan nasional pertama.

Kelompok Islam garis keras memicu kemarahan internasional pada Maret ketika mereka memerintahkan sekolah menengah untuk anak perempuan ditutup, hanya beberapa jam setelah dibuka kembali untuk pertama kalinya sejak mereka merebut kekuasaan.

Para pejabat tidak pernah membenarkan larangan tersebut, selain mengatakan bahwa pendidikan anak perempuan harus sesuai dengan “prinsip-prinsip Islam.” Larangan itu juga dikeluarkan oleh Akhundzada, menurut beberapa pejabat Taliban.



Kaum wanita juga telah diperintahkan untuk mengunjungi taman di ibu kota pada hari yang terpisah dari pria. Beberapa wanita Afghanistan awalnya menolak keras, mengadakan demonstrasi kecil dan protes di mana mereka menuntut hak atas pendidikan dan pekerjaan.

Namun Taliban menindak aksi unjuk rasa yang tidak disetujui ini dan menangkap beberapa pemimpin kelompok, menahan mereka tanpa komunikasi sambil menyangkal bahwa mereka telah ditahan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)