Demi suaka di Rusia, Snowden stop bocorkan rahasia AS?

Selasa, 16 Juli 2013 - 10:41 WIB
Demi suaka di Rusia, Snowden stop bocorkan rahasia AS?
Demi suaka di Rusia, Snowden stop bocorkan rahasia AS?
A A A
Sindonews.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin, Senin kemarin, menilai whistleblower NSA, Edward Snowden, mulai menyadari syarat utama untuk mendapatkan suaka di Rusia. Yakni, berhenti membocorkan informasi yang mempermalukan Washington.

Putin berpendapat, pembocor penyadapan global NSA AS berkode Prism itu, mulai mengubah sikapnya untuk memenuhi syarat mendapatkan suaka di Rusia. Hal itu mengacu pada pernyataan Snowden, saat bertemu dengan sejumlah aktivis Rusia Jumat, pekan lalu, bahwa ia tidak akan membahayakan AS di masa depan.

”(Snowden) tahu tentang syarat untuk mendapatkan suaka politik,” kata Putin kepada RIA Novosti. ”Dilihat oleh pernyataan terbarunya, ia mulai mengubah sikapnya sedikit, dan hasil akhir masih belum diketahui,” lanjut Putin, dikutip CNN.

Kendati demikian, ”diam”-nya sementara Snowden, masih menjadi teka-teki, apakah pemuda 30 tahun itu akan berhenti membocorkan informasi rahasia AS atau tidak. Pasalnya, pada pertemuan dengan para aktivis Rusia Jumat pekan lalu itu, Snowden berujar, ingin tinggal sementara di Rusia untuk mempertimbangkan melanjutkan perjalanan ke Amerika Latin.

Vyacheslav Nikonov, seorang anggota parlemen Rusia yang ikut bertemu dengan Snowden Jumat pekan lalu, mengatakan, kepada kantor berita Itar-Tass, bahwa Snowden tidak berniat untuk menyebabkan kerusakan AS lebih lanjut.

”Saya sudah mengatakan semua yang saya tahu dan saya tidak akan membahayakan AS di masa depan,” ujar Nikonov, menirukan pernyataan Snowden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)