8 Kapal Perang China Berlayar Dekat Jepang, Termasuk Kapal Induk Liaoning

Selasa, 03 Mei 2022 - 21:27 WIB
loading...
8 Kapal Perang China Berlayar Dekat Jepang, Termasuk Kapal Induk Liaoning
Kapal induk Liaoning, China. Foto/YouTube
A A A
TOKYO - Setidaknya delapan kapal angkatan laut China , termasuk sebuah kapal induk , melintas di antara rantai pulau-pulau Okinawa selatan Jepang pada Senin kemarin. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Jepang dalam rilis berita.

"Kapal-kapal tersebut, termasuk beberapa kapal perusak, berlayar antara pulau utama Okinawa dan Miyakojima," menurut Kementerian Pertahanan Jepang seperti dikutip dari South China Morning Post, Rabu (3/5/2022).

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan meskipun tidak adamanuver ke perairan teritorial Jepang, helikopter di atas kapal induk Liaoning lepas landas dan mendarat.



Kementerian pertahanan China tidak menjawab panggilan telepon untuk dimintai komentar selama hari libur nasional.

Armada ke-7 Amerika Serikat (AS), bagian dari pasukan Angkatan Laut Pasifik, juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sedangkan Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan akan memantau pergerakan kelompok kapal induk China itu, dan menggambarkan situasinya sebagai sesuatu yang "normal".



Menurut stasiun nasional Jepang NHK, ini adalah pertama kalinya sebuah kapal induk China dipastikan melewati daerah itu sejak Desember tahun lalu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)