Bandara Moskow: Snowden gelar pertemuan dengan kelompok HAM

Jum'at, 12 Juli 2013 - 15:35 WIB
Bandara Moskow: Snowden gelar pertemuan dengan kelompok HAM
Bandara Moskow: Snowden gelar pertemuan dengan kelompok HAM
A A A
Sindonews.com – Whistleblower NSA, AS, Edward Snowden, akan menggelar pertemuan dengan kelompok hak asasi manusia (HAM) pada Jumat (12/7/2013) di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moskow. Demikian, disampaikan juru bicara bandara, dikutip Reuters.

”Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa pertemuan tersebut akan berlangsung,” kata seorang juru bicara bandara. Menurutnya, pertemuan itu akan berlangsung tengah hari.

Snowden diburu Washington atas tuduhan spionase, karena membocorkan rincian rahasia program penyadapan AS. Ia terbang ke Moskow pada 23 Juni 2013. Pemuda 30 tahun itu telah mendapat tawaran suaka dari tiga negara di Amerika Latin.

Kelompok HAM, Transparency dan Amnesti Internasional, menegaskan, bahwa mereka telah menerima e-mail terkait pertemuan di bandara. Kantor berita Interfax melaporkan, kelompok HAM Watch, dan kelompok lain juga diundang dalam pertemuan itu.

”Ya, saya telah menerima e-mail singkat. Bahwa ia ingin bertemu dengan wakil dari organisasi HAM. Tidak banyak informasi di sana. Saya berencana untuk pergi,” kata Sergei Nikitin, Kepala Amnesty Internasional Rusia.

Presiden Vladimir Putin, mengatakan Snowden harus memilih tujuan akhir suakanya, dan pergi ke sana secepat mungkin. Ia menduga Snowden akan pergi ke salah satu negara Amerika Latin yang menawarinya suaka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5169 seconds (0.1#10.140)