Gawat, Kim Jong-un Ancam Gunakan Bom Nuklir Lebih Dulu pada Musuh!

Sabtu, 30 April 2022 - 11:07 WIB
loading...
Gawat, Kim Jong-un Ancam Gunakan Bom Nuklir Lebih Dulu pada Musuh!
Kim Jong-un, pemimipin Korea Utara, mengancam akan lakukan serangan nuklir pre-emptive pada musuh jika negaranya terancam. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
PYONGYANG - Kim Jong-un , pemimpin Korea Utara (Korut), mengancam negara musuh bahwaPyongyang akan menggunakan senjata atau bom nuklir lebih dulu jika terancam. Dia tak menyebut nama, namun Pyongyang selama ini menganggap Amerika Serikat (AS) terus mempraktikkan kebijakan bermusuhan.

Ancaman serangan nuklir pre-emptive itu disampaikan media pemerintah, Korea Central News Agency (KCNA), Sabtu (30/4/2022) yang dilansir AFP.

Menurut KCNA, Kim Jong-un membuat pernyataan itu saat dia memuji para pejabat tinggi militernya atas pementasan parade militer besar-besaran di Ibu Kota Korut, Pyongyang, beberapa hari lalu.

"Kim menyatakan keinginan kuat untuk terus mengembangkan militer bersenjata nuklirnya sehingga dapat 'secara pre-emptive' menyeluruh menahan dan menggagalkan semua upaya berbahaya dan gerakan mengancam, termasuk ancaman nuklir yang terus meningkat dari pasukan musuh, jika perlu," tulis KCNA, mengutip apa yang disampaikan Kim Jong-un.

Baca Juga: Kim Jong-un Perintahkan Militer Korut Tingkatkan Kekuatan untuk Lenyapkan Musuh

KCNA melaporkan bahwa Kim Jong-un memanggil para pejabat militernya untuk memuji pekerjaan mereka pada parade militer hari Senin, di mana Korea Utara memamerkan senjata terbesar dalam program nuklir militernya, termasuk rudal balistik antarbenua yang berpotensi mencapai wilayah AS dan berbagai rudal jarak pendek berbahan bakar yang menimbulkan ancaman bagi Korea Selatan dan Jepang.

KCNA tidak menyebutkan kapan pertemuan itu berlangsung.

Parade militer yang menandai peringatan 90 tahun tentara Korea Utara datang ketika Kim Jong-un menghidupkan kembali ambang batas nuklir yang bertujuan memaksa Amerika Serikat untuk menerima gagasan negaranya sebagai kekuatan nuklir dan menghapus sanksi ekonomi yang melumpuhkan.

Berbicara kepada ribuan tentara dan penonton yang dimobilisasi untuk acara tersebut, Kim Jong-un berjanji untuk mengembangkan kekuatan nuklirnya pada "kecepatan tercepat" dan mengancam akan menggunakannya jika diprovokasi.

Dia mengatakan senjata nuklirnya tidak akan pernah terbatas pada misi tunggal pencegah perang dalam situasi di mana Korea Utara menghadapi ancaman eksternal terhadap kepentingan mendasar yang tidak ditentukan.

Korea Utara telah melakukan 13 putaran peluncuran senjata pada tahun 2022 saja, termasuk uji coba penuh pertama dari rudal balistik antarbenua (ICBM) sejak 2017, ketika Kim Jong-un mengeksploitasi lingkungan yang menguntungkan untuk mendorong program senjatanya karena Dewan Keamanan PBB tetap terpecah dan secara efektif lumpuh atas perang Rusia di Ukraina.

Negosiasi nuklir antara Washington dan Pyongyang telah terhenti sejak 2019 karena ketidaksepakatan atas potensi pelonggaran sanksi yang dipimpin AS dengan imbalan langkah-langkah perlucutan senjata Korea Utara.

Kim Jong-un telah berpegang teguh pada tujuannya untuk mengembangkan senjata nuklir secara bersamaan dan ekonomi suram negara itu dalam menghadapi tekanan internasional dan tidak menunjukkan kesediaan untuk sepenuhnya menyerahkan persenjataan nuklir yang dilihatnya sebagai jaminan terbesarnya untuk bertahan hidup.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)