6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk

Senin, 25 April 2022 - 22:46 WIB
loading...
6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk
6 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Termasuk.
A A A
JAKARTA - Berdasarkan wilayahnya, ada beberapa negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Seperti yang diketahui, sekitar 70 persen permukaan bumi tertutup oleh air. Maka, sejumlah negara di dunia pun memiliki wilayah laut yang lebih luas dari daratannya.

Garis pantai merupakan pembatas atau garis batas antara daratan dan lautan. Panjang garis pantai sebuah negara didapat berdasarkan pengukuran seluruh pantai yang ada di wilayah tersebut. Dalam hal ini, posisi garis pantai suatu negara juga bisa berubah dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Lantas, negara mana sajakah yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia? Dilansir dari situs World Population, berikut ulasannya.

Baca: Dunia Akui Raja Ampat Miliki Garis Pantai Terindah

1. Kanada
Berstatus sebagai negara paling utara di kawasan Amerika Utara, Kanada menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Tercatat garis pantai negara ini membentang sepanjang 202.080 km.

Semua provinsi di Kanada, kecuali Alberta dan Saskatchewan diketahui garis pantainya masing-masing. Dengan panjang garis pantai yang begitu luas, negara ini memiliki berbagai lanskap di sepanjang garis pantai secara signifikan.Lanskap Kanada sendiri adalah salah satu yang paling murni di dunia.

2. Indonesia
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sekitar 1.904.569 kilometer persegi. Indonesia sendiri menempati posisi kedua dari negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Panjang garis pantainya mencapai 99.083 kilometer.

Selain itu, berbagai pantai di Indonesia juga menjadi destinasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah pantai Kuta di Bali.

Baca: Terkikis Abrasi, Garis Pantai Sendangsikucing Berkurang 100 Meter

3. Norwegia
Norwegia adalah sebuah negara negara Nordik yang terletak di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat dan berbatasan dengan Swedia, Finlandia, Rusia, dan Britania Raya di sebelah Barat Daya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1635 seconds (11.97#12.26)