Protes Sikap Rezim Zionis, Hamas Ucapkan Terima Kasih kepada Rusia

Jum'at, 22 April 2022 - 01:49 WIB
loading...
Protes Sikap Rezim Zionis, Hamas Ucapkan Terima Kasih kepada Rusia
Pemimpin kelompok Hamas Ismali Haniye. Foto/Middle East Monitor
A A A
YERUSALEM - Pemimpin Hamas , Ismail Haniyeh, memuji Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov yang memprotes tindakan Israel di Masjid al Aqsa saat terjadi bentrokandengan warga Palestina .

"Dalam panggilan telepon antara kedua pejabat tersebut, Haniyeh menyatakan penghargaannya atas posisi Rusia dalam mendukung hak-hak Palestina dan penolakan terhadap langkah-langkah Israel yang sedang berlangsung di Masjid Al-Aqsa,” menurut kantor berita Shehab yang berafiliasi dengan Hamas yang dinukil Algemeiner, Jumat (22/4/2022).

Haniyeh menyerukan peran sentral Rusia dalam mengekang agresi Israel, sementara Lavrov dikutip mengecam penggunaan “kekuatan berlebihan” Israel terhadap Palestina.



“Posisi kami tegas dalam masalah ini. Kami selalu berada di pihak rakyat Palestina dalam hak mereka untuk menentukan nasib sendiri dan hak mereka untuk mendirikan negara Palestina mereka,” kata Lavrov, menurut Shehab.

Pemimpin Rusia Vladimir Putin pekan lalu mengutuk tindakan Israel di Yerusalem selama pembicaraan telepon dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, yang pada bagiannya menyatakan dukungan untuk sikap Kremlin pada perangnya di Ukraina.

Pembicaraan antara Lavrov ke Haniyeh terjadi di tengah ketegangan yang berlanjut di Yerusalem, dan setelah tembakan roket dari Jalur Gaza memicu serangan udara Israel terhadap sejumlah sasaran milik Hamas di daerah kantong itu.

Baca juga: Gereja-gereja Kristen Yerusalem Melawan Penjajah Yahudi Israel

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada hari Kamis mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan para pemimpin lokal di selatan Israel dan memperkuat pertahanan di sektor tersebut.

"Kebijakan merespons keras terhadap aktivitas teroris apa pun akan terus berlanjut," kata Gantz.

“Saya mengatakan kepada mereka bahwa Israel siap untuk membuat langkah apa pun yang diperlukan untuk menjaga warganya tetap aman dalam serangan dan pertahanan,” imbuhnya.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan Israel hanya akan mendorong warga Palestina untuk melawan pendudukan dan meningkatkan dukungan mereka untuk Yerusalem dan rakyatnya.

Baca juga: Persiapkan Masuknya Ekstrimis Yahudi, Pasukan Israel Kembali Serbu Masjid Al-Aqsa
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0949 seconds (10.55#12.26)