Menhan Taiwan: Perang Ukraina Akan Mengubah Rencana Invasi China

Rabu, 20 April 2022 - 22:43 WIB
loading...
Menhan Taiwan: Perang Ukraina Akan Mengubah Rencana Invasi China
Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan tantangan yang dihadapi Rusia selama invasinya ke Ukraina akan memaksa China untuk mengubah pedoman invasinya sendiri. Foto/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - Tantangan yang dihadapi Rusia selama invasinya ke Ukraina akan memaksa China untuk mengubah pedoman invasinya sendiri. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Taiwan , Rabu (20/4/2022).

Konsensus di antara para ahli strategi militer adalah bahwa, seperti halnya Kremlin, kepemimpinan di Beijing merencanakan kemenangan yang cepat dan menentukan ketika bergerak untuk mencaplok negara tetangga Taiwan di masa depan. Namun, banyak yang percaya bahwa kurangnya kemajuan Rusia, dan perlawanan Ukraina pada khususnya, telah membuat China berhenti sejenak untuk berpikir.

Beberapa analis percaya Beijing akan menyimpulkan bahwa hanya serangan saturasi berat dan supremasi udara terhadap pulau itu yang dapat memberikan keunggulan yang dibutuhkan China bagi pasukannya untuk menyeberangi selat untuk menyerang dan menduduki kota-kota padat penduduk di Taiwan.



Yang lain mengatakan Xi Jinping, yang membutuhkan pencapaian politik untuk membenarkan masa jabatan ketiganya sebagai pemimpin, mungkin beralih untuk merebut salah satu pulau terpencil Taiwan, seperti yang dilakukan Vladimir Putin dengan Crimea atau Donbas, dengan sedikit dorongan dari Barat.

"Perang Rusia-Ukraina telah memberi tahu semua negara, termasuk negara kita sendiri, dan musuh kita tidak terkecuali," kata Menteri Pertahanan Taiwan, Chiu Kuo-cheng.

"Kami harus terus memantau (situasi) dengan cermat. Kami memiliki kesempatan yang sangat bagus untuk belajar, dan kami akan menggunakannya," imbuhnya.

"Itu pasti akan berubah. Adapun bagaimana itu akan berubah, itulah yang terus kami nilai," kata Chiu tentang pedoman invasi China seperti dikutip dari Newsweek.

Perlawanan Ukraina, sekarang di minggu kedelapan, memiliki implikasi untuk Taiwan juga. Para perencana pertahanan melihat angkatan bersenjata yang diperlengkapi dengan cerdas dan masyarakat yang bermotivasi tinggi kemungkinan akan menambah lapisan pencegahan tambahan terhadap China, yang, seperti Rusia, menawarkan keunggulan numerik yang hebat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)