Motor Matic Bergetar Keras Saat Digas, Ternyata Ini Penyebabnya!

Selasa, 19 April 2022 - 12:08 WIB
loading...
Motor Matic Bergetar Keras Saat Digas, Ternyata Ini Penyebabnya!
Motor matic yang bergetar keras saat digas tentu mengganggu penggunanya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Penyebab motor matik bergetar saat digas akhirnya terbongkar. Ternyata, ada komponen yang jadi biang masalahnya.

Getaran yang timbul saat tuas gas diputar merupakan salah satu penyakit motor matik yang paling umum. Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan motor matik, perlu dilakukan pengecekan kondisi v-belt.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan v-belt motor matik yang sudah aus.

Getaran pada motor matic biasa timbul saat putaran rendah. Penyakit ini dirasakan berasal dari bagian CVT . Pemeriksaan bagian CVT diperlukan untuk mengetahui kondisi yang terjadi.

Jika muncul pada motor matic baru, getaran biasanya terjadi karena kampas ganda motor matic kotor. Kondisi ini membuat selip.

Namun, pada motor matik yang telah berusia atau memiliki jarak tempuh jauh, Anda bisa memeriksa komponen CVT-nya. Komponen tersebut antara lain van belt, weight set, clutch housing, CVT spring, dan roller CVT.

Apabila komponen tersebut sudah mengalami kerusakan, maka segera ganti. Namun, jika semua komponen tersebut masih bagus, maka perlu dicek pada bagian kampas ganda. Bisa jadi bagian kampas ganda telah menipis.

Untuk kasus kampas kopling ganda kotor, pembersihan bagian CVT bisa menjadi solusinya. Tidak perlu penggantian suku cadang.


Namun, jika ditemukan komponen rusak, penggantian menjadi upaya yang harus ditempuh agar motor matik tidak bergetar lagi.

Kerusakan atau ausnya komponen tersebut juga bisa menjadi penyebab motor matic bergetar saat digas. Apabila masalah yang ditemui adalah kerusakan, maka sebaiknya segera ganti komponen tersebut.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3708 seconds (0.1#10.140)