Perang Rusia-Ukaina di Donbass Telah Dimulai

Selasa, 19 April 2022 - 07:13 WIB
loading...
Perang Rusia-Ukaina di Donbass Telah Dimulai
Pertempuran antara militer Rusia dan Ukraina di Donbass telah dimulai. Ini adalah pertempuran fase kedua sejak invasi Rusia dimulai 24 Februari. Foto/Euromaidanpress.com
A A A
KIEV - Perang antara Rusia dan Ukraina untuk memperebutkan wilayah Donbass telah dimulai. Bagi Moskow, ini adalah pertempuran fase kedua sejak invasi dimulai 24 Februari.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan para penasihatnya pada Senin malam mengonfirmasi pecahnya perang di Donbass.

Pemerintah di Kiev mengatakan ada laporan tentang pertempuran sengit di front Donetsk, Luhansk, dan Kharkiv.

“Kami sekarang dapat mengonfirmasi bahwa pasukan Rusia telah memulai pertempuran untuk Donbass, yang telah mereka persiapkan sejak lama,” kata Zelensky dalam sebuah video yang di-posting di Telegram semalam.

“Sebagian besar tentara Rusia sekarang didedikasikan untuk serangan ini,” ujarnya, seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (19/4/2022).



Kepala Staf Presiden Ukraina, Andrey Yermak, mengatakan sebelumnya bahwa perang fase kedua telah dimulai di wilayah timur, tetapi mendesak rakyat Ukraina untuk percaya pada tentara mereka.

"Pasukan Rusia menyerang di hampir seluruh garis depan,” kata Alexey Danilov, Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina. “Untungnya, militer kita bertahan.”

Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengomentari operasi darat apa pun pada hari Senin.

Ada laporan dari koresponden garis depan tentang pertempuran sengit di selatan Izyum, utara Severodonetsk, dan barat kota Donetsk.

Ada juga laporan tentang serangan artileri dan rudal di Kharkiv, Nikolaev, dan wilayah barat laut Donetsk.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)