Kapal Perangnya Tenggelam, Rusia Mengamuk dengan Bombardir Pabrik Rudal Ukraina

Sabtu, 16 April 2022 - 00:24 WIB
loading...
Kapal Perangnya Tenggelam, Rusia Mengamuk dengan Bombardir Pabrik Rudal Ukraina
Kapal perang Rusia tembakkan rudal jelajah Kalibr. Rudal inilah yang membombardir pabrik rudal Ukraina di luar Kiev setelah kapal perang Moskva milik Rusia tenggelam di Laut Hitam. Foto/Sputnik/Russian Defence Ministry
A A A
MOSKOW - Militer Rusia mengamuk dengan membombardir pabrik rudal Ukraina di luar wilayah Kiev pada Kamis malam. Serangan dengan rudal jelajah Kalibr ini dilakukan setelah kapal perang Moskva yang jadi kebanggaan Kremlin tenggelam setelah terbakar dan meledak dahsyat.

Ukraina mengeklaim telah menyerang kapal perang Moskva dengan rudal anti-kapal Neptune pada Rabu malam. Serangan misil itulah yang menurut Kiev menyebabkan tragedi pada kapal perang Moskva di Laut Hitam.

Kementerian Pertahanan menyangkal kapal tipe penjelajah rudal itu dihantam misil oleh Ukraina. Menurut kementerian tersebut, kapal mengalami kebakaran, yang penyebabnya masih diselidiki. Sedangkan ledakan dahsyat bersumber dari amunisi yang dibawanya sebagai dampak dari kebakaran tersebut.

Kapal itu tenggelam pada Kamis malam, yang menurut Moskow akibat gelombang laut, setelah dicoba ditarik ke pelabuhan utama. Moskow lagi-lagi menolak tenggelamnya kapal itu akibat serangan misil militer Kiev.

Baca juga: Kapal Perangnya Tenggelam di Laut Hitam, Rusia Diolok-olok Ukraina

Ukraina menyebut ada sekitar 510 awak di dalam kapal perang Moskva saat insiden mengerikan terjadi, namun Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim seluruh awak sudah dievakuasi dengan aman tanpa merinci kondisi mereka lebih lanjut.

Moskow tidak menyebut langsung serangan terhadap pabrik rudal di luar Kiev sebagai respons atas tenggelamnya kapal perang Moskva.

Alasan serangan itu adalah karena militer Ukraina menyerang wilayah Belgorod dan Bryansk pada hari Kamis, menyebabkan delapan warga terluka, termasuk seorang anak laki-laki berusia dua tahun dan ibunya yang sedang hamil.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Igor Konashenkov, pada Jumat (15/4/2022), mengatakan sebuah kapal perang Rusia digunakan untuk menghancurkan pabrik militer Vizar di luar Kiev, yang sedang membangun dan memperbaiki rudal anti-pesawat dan rudal anti-kapal.

Konashenkov memperingatkan bahwa Moskow akan meningkatkan jumlah dan skala serangan rudal di ibu kota Ukraina sebagai tanggapan atas serangan di tanah Rusia. Dia telah mengeluarkan peringatan serupa pada hari Rabu.

Rusia mengeklaim bahwa helikopter Ukraina melintasi perbatasan pada hari Kamis, terbang dekat dengan tanah dan menyerang desa Klimovo di Wilayah Bryansk yang berbatasan dengan Ukraina. Delapan penduduk setempat, termasuk seorang anak laki-laki berusia dua tahun dan ibunya yang sedang hamil, terluka.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1741 seconds (11.210#12.26)