PBB: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Negara Miskin Hadapi Krisis Pangan dan Energi

Kamis, 14 April 2022 - 05:22 WIB
loading...
PBB: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Negara Miskin Hadapi Krisis Pangan dan Energi
PBB: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Negara Miskin Hadapi Krisis Pangan dan Energi. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - Negara-negara miskin menghadapi kehancuran ekonomi akibat krisis pangan, energi, dan keuangan secara simultan akibat gangguan pasokan yang disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina . Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, Rabu (13/4/2022).

Rusia adalah pengekspor gabungan minyak dan gas terbesar dunia. Sementara Rusia dan Ukraina adalah produsen utama biji-bijian. Kedua negara menyumbang sekitar sepertiga dari ekspor global. Kini harga komoditas dunia telah mencapai rekor, merugikan negara-negara yang bergantung pada impor.



"Perang itu membebani krisis tiga dimensi - pangan, energi, dan keuangan - yang menghantam beberapa orang, negara, dan ekonomi paling rentan di dunia," kata Guterres kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters.

Guterres merilis laporan oleh gugus tugas krisis yang dia bentuk tak lama setelah Rusia invasi dimulai pada 24 Februari. "Kita sekarang menghadapi badai sempurna yang mengancam akan menghancurkan ekonomi banyak negara berkembang," kata Guterres.

Menurutnya, hingga 1,7 miliar orang - sepertiga sudah hidup dalam kemiskinan - telah dibiarkan "sangat terpapar" pada gangguan makanan, energi dan keuangan, yang memicu peningkatan kemiskinan dan kelaparan.



"Orang-orang yang paling rentan di seluruh dunia tidak dapat menjadi korban kerusakan dalam bencana lain yang tidak mereka tanggung," lanjutnya. Dia mengatakan, 36 negara mengandalkan Rusia dan Ukraina untuk lebih dari setengah impor gandum mereka, termasuk beberapa yang termiskin dan paling rentan di dunia.

Laporan tersebut merekomendasikan untuk memastikan aliran makanan dan energi yang stabil melalui pasar terbuka, dan reformasi sistem keuangan internasional. Negara-negara dapat menggunakan krisis untuk bekerja menuju penghapusan batu bara dan bahan bakar fosil lainnya secara bertahap dan mempercepat penyebaran energi terbarukan."Yang terpenting, perang ini harus diakhiri," kata Guterres.



Ia juga menyatakan, gencatan senjata kemanusiaan di Ukraina tampaknya tidak mungkin tercapai saat ini. "Saat ini gencatan senjata global di Ukraina tampaknya tidak mungkin," kata Guterres kepada wartawan.

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjamin evakuasi warga sipil," kata Guterres. Dia mengatakan, PBB telah membuat proposal ke Rusia untuk "mempersatukan para pihak dan mengelola" akses kemanusiaan, gencatan senjata lokal dan evakuasi warga sipil. Menurutnya, kini PBB sedang menunggu tanggapan dari Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)