Zelensky Serukan Rusia Dicopot dari Dewan Keamanan PBB

Rabu, 06 April 2022 - 00:01 WIB
loading...
Zelensky Serukan Rusia Dicopot dari Dewan Keamanan PBB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato secara virtual di DK PBB. Foto/Forbes
A A A
NEW YORK - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta PBB mencopot Rusia dari kursi tetap Dewan Keamanan. Hal itu dilakukan setelah beredar bukti tentang eksekusi dan kekejaman lain yang dilakukan oleh pasukan Rusia di negaranya.

Zelensky mengatakan Rusia harus dicopot dari tempatnya sebagai anggota tetap Dewan Keamanan, di mana negara itu memegang hak veto, dengan alasan bahwa sudah waktunya untuk mereformasi badan penjaga perdamaian global.

“Kita berurusan dengan negara yang mengubah hak veto (di) Dewan Keamanan PBB menjadi hak untuk mati,” kata Zelensky dalam pidatonya secara virtual.

“Ini merusak seluruh arsitektur keamanan global dan memungkinkan mereka untuk tidak dihukum,” imbuhnya.

“Hal utama adalah hari ini, saatnya mengubah sistem, PBB,” ujarnya kepada Dewan Keamanan seperti dilansir dari The Hill,Rabu (6/4/2022).



Foto-foto warga sipil yang diduga dibunuh oleh pasukan Rusia di pinggiran kota Kiev, Bucha — termasuk setidaknya satu orang yang tangannya diikat di belakang — menunjukkan bahwa pasukan Rusia telah menembak dan membunuh warga sipil tanpa pandang bulu selama pendudukan mereka di kota itu.

Gambar satelit menunjukkan bahwa mayat-mayat ditinggalkan di jalan-jalan selama berminggu-minggu, bertentangan dengan pernyataan Rusia bahwa foto-foto itu adalah rekayasa.

Pidato presiden Ukraina disertai dengan video grafis yang menunjukkan gambar mengerikan dari beberapa pembantaian yang ditemukan di kota-kota Ukraina yang berada di bawah pendudukan Rusia.

Di antara gambar-gambar itu termasuk apa yang tampak sebagai tubuh seorang pria di dasar sumur, tubuh seorang anak tanpa pakaian yang ditutup matanya dan berbaring di atas mayat lainnya, tubuh hangus menumpuk di atas satu sama lain dan parit diisi dengan tubuh.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1484 seconds (11.210#12.26)