Detik-detik Tentara Ukraina Tembak Jatuh Helikopter Rusia dengan Rudal Inggris

Minggu, 03 April 2022 - 10:52 WIB
loading...
Detik-detik Tentara Ukraina Tembak Jatuh Helikopter Rusia dengan Rudal Inggris
Tentara Ukraina menembak jatuh helikopter Rusia dengan rudal Inggris. Foto/Evening Standard
A A A
KIEV - Sebuah helikopter Rusia ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina menggunakan sistem rudal canggih buatan Inggris.

Rekaman dramatis yang beredar di dunia maya menunjukkan proyektil Starstreak berkecepatan tinggi menghancurkan sebuah pesawat Rusia di wilayah Luhansk di Ukraina timur.

Dalam video tersebut, helikopter terlihat melayang di langit sebelum terbakar dan jatuh ke tanah setelah ekornya terkena rudal.

Kementerian Pertahanan mengatakan ini adalah pertama kalinya rudal itu digunakan untuk menjatuhkan pesawat Rusia selama konflik, menurut laporan seperti dilansir dari Evening Standard, Minggu (3/4/2022).



Rudal Starstreak dianggap sebagai rudal darat ke udara tercepat di dunia dan merupakan bagian penting dari kemampuan pertahanan udara berbasis darat Inggris.

Sistem portabel ini dibangun oleh perusahaan pertahanan Thales di pabrik mereka di Belfast dan digunakan untuk melindungi London selama Olimpiade tahun 2012.

Pada 9 Maret lalu, Inggris mengumumkan bahwa mereka akan memasok rudal ke Ukraina.



Rudal berkecepatan tinggi itu dapat melakukan perjalanan lebih dari satu kilometer dalam waktu kurang dari satu detik dan dapat digunakan untuk melawan ancaman dari pesawat tempur, helikopter dan sistem udara tak berawak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)